Sukses

Jurus Menteri BUMN Erick Thohir Cegah Tawuran di Johar Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir memberikan bantuan program kepada warga Johar Baru, Jakarta Pusat sebagai cara meminimalisir tawuran yang sering terjadi di daerah terpadat se-Asia Tenggara tersebut.

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir usai mengunjungi masyarakat Johar Baru, Kelurahan Tanah Tinggi, Minggu (26/6/2022).

"Tentu untuk mencegah tawuran kami dari Yayasan Erick Thohir akan memberikan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Erick melalui keterangan tertulis, Minggu (26/6/2022).

Kemudian, dia menjelaskan program yang akan diberikan antara lain pelatihan digital dan dukungan permodalan bagi warga.

Tak lupa, Erick juga memberikan bantuan mesin fogging agar masyarakat terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan melalui nyamuk.

Selain itu, Erick juga akan memberikan bantuan kepada Yayasan Al-Falah yang ada di Kelurahan Johar Baru.

"Ingat kami di yayasan selalu mengedepankan SBS yakni Sehat, Bersatu, dan Semangat. Tentu, harus sehat semua masyarakat di sini. Salah satunya dengan fogging agar terhindar penyakit DBD," kata Erick.

Selain itu, dirinya juga menyarankan agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi pembangunan hidroponik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Di sini juga bisa nih bangun hidroponik agar pemuda dan pemuda di sini dapat berkegiatan. Nanti hasilnya dapat digunakan masyarakat," papar dia.

Tak hanya itu, Erick juga memastikan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) juga akan diberikan secara maksimal kepada warga Tanah Tinggi.

"Ibu-ibu, ini ada program Mekar dari BUMN harus dimaksimalkan untuk digunakan untuk usaha," tandas Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bacakan Deklarasi Antitawuran

Setelah mendengar penjelasan Erick Thohir, perwakilan pemuda Tanah Tinggi membacakan Deklarasi Antitawuran sebagai wujud komitmen mencegah kekerasan.

"Dengan kedatangan bapak Erick Thohir, kami, pemuda Tanah Tinggi berkomitmen menciptakan lingkungan yang kondusif serta mengutuk keras segala bentuk kekerasan," tandas perwakilan pemuda Tanah Tinggi Iqbal saat melakukan deklarasi di hadapan Erick Thohir, tokoh masyarakat, serta aparat keamanan.

"Stop Tawuran," teriak para pemuda setelah membacakan deklarasi.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi kondektur PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang melindungi seorang penumpang perempuan dari tindakan pelecehan seksual. Insiden tersebut terjadi di KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir pada Minggu, 19 Juni 2022.

"Saya ingin mengapresiasi bapak kondektur yang telah bertindak menanggapi laporan korban pelecehan seksual. Saya juga mengapresiasi tanggapan PT KAI atas kejadian tersebut," kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Minggu (26/6/2022).

 

3 dari 3 halaman

Tak Ragu Laporkan

Erick Thohir juga berpesan agar seluruh masyarakat tidak ragu melaporkan dan menunjukkan bukti pada petugas jika mengetahui ada indikasi pelecehan seksual.

Ia menegaskan perlindungan terhadap hak dan martabat manusia adalah prinsip yang mesti dijalankan oleh segenap elemen di BUMN. Terlebih dalam pelayanan publik yang mesti memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Kita jadikan kereta api sebagai moda transportasi pelayanan publik yang aman dan tentunya ini tidak bisa berdiri sendiri, perlu dukungan semua kalangan dengan saling menhargai dan menghormati sesama penumpang," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Erick menegaskan bahwa dia mengutuk keras terjadinya pelecehan yang sempat terjadi di sebuah kereta api antarkota.

Ia mengatakan, PT KAI berada sepenuhnya di pihak korban dan telah memproses secara serius peristiwa ini.

"Saya ingin berpesan pada seluruh elemen baik masyarakat, pengguna jasa KAI, maupun segenap perusahaan BUMN bahwa sudah bukan zamannya lagi kita mencari-cari kesalahan korban pelecehan seksual. Berhenti menyalahkan korban, mari mulai ciptakan ruang aman bagi semua kalangan," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS