Sukses

Polisi Sebut Pembatasan 10 Titik Akses Jalan di Jakarta Efektif Cegah Kerumunan

Liputan6.com, Jakarta - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengklaim pembatasan mobilitas pengguna jalan berjalan efektif mencegah terjadinya kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sambodo usai melakukan pemantauan di beberapa lokasi. "Dengan adanya penutupan ini tidak ada kerumunan sama sekali," kata dia di Jakarta Pusat, Senin (21/6/2021).

Sambodo menerangkan, semenjak diberlakukan pembatasan tersebut, kawasan yang tadinya selalu dipadati kini mulai sepi. Sambodo memberikan contoh di kawasan Asia Afrika sampai dengan Pakubuwono.

"Kawasan ini kerawanannya dari titik sini sampai depan Senayan City kemudian dekat Mustopo dan Pakubuwono itu banyak pedagang sate taichan dan sebagainya yang selama ini menimbulkan kerumunan. Tadi kami cek, alhamdulillah kondusif, sepi para pedagang dan tidak ada kerumunan," papar dia.

Sambodo menerangkan, kebijakan pembatasan secara perlahan mulai dipahami oleh masyarakat. Ia sempat berbincang dengan beberapa penghuni rumah dan pengemudi ojek daring.

"Tadi saya sudah meninjau di Kemang, Bulungan, dan di sini (Asia Afrika) sementara tidak ada keluhan masyarakat karena kita sangat fleksibel. Penghuni bisa melintas, layanan kesehatan, rekan ojol misalnya mau mengantar barang atau makanan masih bisa diperbolehkan," ucap dia.

 

2 dari 3 halaman

10 Ruas Jalan Dilakukan Pembatasan

Diketahui ada 10 ruas jalan yang akan menjadi fokus aparat keamanan dalam hal ini Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, serta Satpol PP, DKI Jakarta. Di ruas jalan tersebut, kendaraan yang masuk ke ruas jalan ini bakal diseleksi. Kebijakan berlaku mulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

"Hari ini dimulai hari pertama pembatasan mobilitas di 10 kawasan di Jakarta," ujar dia.

Sambodo menyebut, salah satunya di ruas jalan Asia Afrika. Sambodo mengatakan petugas lalu lintas telah membuat skenario pengalihan arus lalu lintas di sana

"Kita laksanakan penutupan dari simpang Asia Afrika sampai ke pertigaan Mustopo ke arah Pakubuwono. Jadi yang dari arah FX dibelokan ke arah lapangan tembak, yang dari Mustopo dibelokkan ke arah Pakubuwono termasuk yang dari Senayan," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: