Sukses

Daftar Rumah Sakit yang Layani Vaksinasi Pra-Lansia di Depok

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Depok mulai melakukan vaksinasi terhadap kelompok pra-lansia. Vaksinasi tersebut dilakukan untuk mempercepat pelaksanaaan vaksin sesuai target Kota Depok yang mencapai 1,1 juta jiwa.

Vaksinasi dapat dilakukan di Rumah Sakit (RS) maupun Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, Pemerintah Kota Depok sudah membuka pendaftaran pelaksanaan vaksinasi untuk pra-lansia.

Masyarakat yang masuk katagori tersebut dapat melakukan pendaftaran melalui media sosial secara online di tiap rumah sakit. Selain itu, masyarakat dapat menghubungi Puskesmas melalui hotline untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ada 23 rumah dan 38 UPTD Puskesmas di Kota Depok yang dapat memberikan pelayanan vaksinasi," ujar Umi, Jumat (18/6/2021).

Umi mengungkapkan, pendaftaran vaksinasi Covid-19 secara online untuk mempercepat dan mengefisiensikan vaksin yang digunakan. Selain itu, pendaftaran secara online untuk mencegah terjadinya kerumuman di rumah sakit maupun puskesmas yang telah ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi.

"Nantinya satu vial vaksin dapat digunakan untuk 10 dosis atau orang," ucap Umi.

Umi menjelaskan, masyarakat yang telah mendaftar untuk vaksinasi, akan disesuaikan jadwalnya dari pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan di tiap rumah sakit maupun Puskesmas terdekat. Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Depok telah mengeluarkan Surat Edaran pada 3 Juni terkait vaksinasi Pra Lansia. 

"Sasaran pemberian vaksinasi COVID-19 umur Pra Lansia mulai dari usia 50 tahun ke atas.  Sedangkan untuk usia 18 hingga 49 tahun dapat menerima vaksin apabila membawa dua orang usia 50 tahun ke atas," terang Umi.

2 dari 3 halaman

Daftar RS Layani Vaksinasi Pra-Lansia

Rumah sakit yang memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 meliputi, RS Umum Tugu Ibu, RS Umum Puri Cinere, RS Umum Hermina Depok, RS Umum Meilia, RS Umum Bunda Margonda, dan RS Universitas Indonesia. Kemudian, RS Umum Mitra Keluarga Depok, RS Umum Bhayangkara Depok, RS Umum Daerah Kota Depok, dan RS UMUM Bhakti Yuda Depok. 

Selain itu, RS Ibu dan Anak Tumbuh Kembang, RS Umum Sentra Medika, RS Umum Graha Permata Ibu, RS Hasanah Graha Afiah, dan RS Umum Simpangan Depok. Serta Rumah Sakit Ibu dan Anak Asyifa Depok, RS Ibu dan Anak Setya Bhakti, RS Jantung Diagram, RS Umum Permata Depok, RS Umum Citra Media Depok, RS Umum Citra Arafiq, RS Ibu dan Anak Bunda Aliyah, dan RS Brawijaya Bojongsari juga memberikan vaksinasi COVID-19.

"Begitupun dengan 38 Puskesmas dibawah naungan Dinas Kesehatan juga memberikan vaksinasi," tutup Ummi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: