Sukses

Detik-Detik Gerhana Bulan Total Terlihat di Pantai Ancol

Masyarakat dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan total secara daring melalui saluran Youtube resmi BMKG.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena gerhana bulan total atau super blood moon akhirnya terlihat. Detik-detik terjadinya gerhana bulan total terpantau dari kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam (26/5/2021).

Pantauan langsung Liputan6.com di Dermaga Cinta Pantai Ancol, detik-detik gerhana bulan total terjadi sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yakni tepat pada pukul 18.18 WIB.

"Terjadi pukul 18.18 WIB pada puncaknya berlangsung 10 menit sampai 18.28 WIB," kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly di Pantai Ancol Jakarta Utara, Rabu (26/5/2021).

Pemantauan fenomena gerhana bulan total di Dermaga Cinta Taman Impian Jaya Ancol. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Fenomena merahnya bulan saat gerhana ini akan berlangsung hingga akhir fase atau penumbar. Sesuai prediksi BMKG, fase itu terjadi pada pukul 20.51 WIB.

Sadly mengatakan, gerhana bulan merah ini cukup langka. Dia memprediksi fenomena serupa akan kembali terjadi pada 2033.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Disaksikan di Youtube BMKG

Sadly mengatakan, masyarakat Indonesia yang tidak berada di Ancol dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan total secara daring melalui saluran Youtube resmi BMKG.

"Kami didukung oleh jaringan kuat, jadi masyarakat Indonesia bisa jugal langsung saksikan secara daring," Sadly menandasi.  

3 dari 3 halaman

Infografis Tata Cara Salat Gerhana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.
    Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.

    Gerhana Bulan Total

  • Ancol