Sukses

Abdul Haris Menghilang dari MMI

Liputan6.com, Yogyakarta: Abdul Haris, yang tertangkap bersama Omar Al-Faruq di Bogor, Jawa Barat, sejak enam bulan terakhir tak lagi aktif di Majelis Mujahidin Indonesia (MMI). Hal tersebut dikemukakan Ketua Lajnah Tanfidziyah MMI Irfan S. Awwas di Yogyakarta, baru-baru ini. Di MMI Abdul Haris duduk sebagai pengurus Departemen Antar-Mujahid, posisi strategis yang mengatur hubungan antarorganisasi Islam di dalam dan di luar negeri.

Irfan mengatakan, tak pernah memiliki data-data lengkap berkaitan sosok yang hingga kini dianggap misterius itu. Mabes Polri pernah mengatakan bahwa Abdul Haris adalah anggota Badan Intelijen Nasional yang sempat mengantar tim investigasi polisi mewawancarai Al-Faruq di Afghanistan [baca: Kapolri: Omar Al Faruq Mengenal Ba`asyir]. Menurut Irfan, sejak 1995, dirinya mengenal Abdul Harris sebagai sosok aktivis Islam yang dekat dengan sejumlah tokoh. Selain itu, Abdul Haris diketahui juga aktif di Partai Masyumi.

Abdul Haris mulai bergabung dengan MMI pada 2000, setelah kongres di Yogyakarta. Namun sejak penangkapan Omar Al-Faruq enam bulan silam, Abdul Haris langsung menghilang dan tak aktif lagi di MMI. Meski organisasinya dihubungkan dengan Abdul Haris, Irfan membantah MMI terlibat aksi terorisme internasional. Sebab, sejak awal MMI tidak terkait dengan gerakan terorisme dimana pun.(PIN/Wiwik Susilo dan Mardianto)
    Loading