Sukses

Kepemimpinan Erick Thohir Jadi Amunisi Berharga Sebagai Cawapres Berkualitas

Erick Thohir menjadi salah satu nama kuat di bursa Cawapres 2024. Hal ini tak lepas dari keberhasilannya dalam memimpin Kementerian BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Rekam jejak mumpuni Erick Thohir dalam menakhodai Kementerian BUMN semakin menguatkan langkahnya untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Erick Thohir makin potensial jadi cawapres unggulan di Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, pengalaman sukses Erick Thohir memimpin Kementerian BUMN tentu menjadi satu kekuatan. Terutama untuk dapat diusung maju pada Pilpres mendatang.

"Menurut saya pengalaman di pemerintahan itu identik dengan jabatan menteri, atau misalnya pimpinan di DPR, di lembaga legislatif," kata Qodari, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (26/3/2023).

Saat ini, Erick Thohir merupakan sosok yang sangat diidamkan masyarakat untuk maju di Pilpres 2024. Hal ini lantaran Erick dinilai berhasil menakhodai Kementerian BUMN hingga meraih capaian membanggakan.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, laba pendapatan BUMN mengalami kenaikan signifikan, dari semula Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 triliun pada 2021, dan meningkat lagi menjadi Rp303,7 triliun di 2022.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga banyak merealisasikan berbagai kebijakan yang pro-rakyat. Berbagai kebijakan yang diluncurkan Erick Thohir mampu meringankan beban hidup masyarakat, mulai dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Mekaar, Makmur, Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Rumah BUMN sampai dengan PaDi BUMN.

Raihan capaian gemilang tersebut membuat Erick Thohir mendapat dukungan kuat dari masyarakat untuk melanjutkan kepemimpinan Indonesia. Mantan Presiden Inter Milan ini dinilai memiliki karakter pemimpin masa depan.

Kondisi ini pun membuka jalan yang luas bagi Erick Thohir untuk maju sebagai cawapres pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Terlebih Erick Thohir mendapat banyak respons positif dari masyarakat berkat capaian prestasinya di BUMN.

“Tren laba BUMN juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, itu kan semua prestasi," ucap Qodari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Jadi Cawapres Favorit Versi Indo Barometer

 

Sebelumnya, Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Erick Thohir bahkan menjadi kandidat cawapres tertinggi versi lembaga survei Indo Barometer.

Dalam temuan survei terbaru Indo Barometer, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam perolehan elektabilitas dibanding kandidat lain.

“Jadi pada hari ini calon wapres paling tinggi itu adalah Erick Thohir," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari dalam keterangan tertulis.

Erick Thohir berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 22,9 persen. Sementara mengikuti di belakangnya ada Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Pengusaha Chairul Tanjung.

Khofifah terpaut angka 7,1 persen dari Erick Thohir. Orang nomor satu di Jatim ini terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,8 persen.

Kemudian di posisi nomor tiga adalah Muhaimin Iskandar yang terpaut sangat jauh dengan Erick Thohir. Elektabilitas Cak Imin dalam bursa cawapres ini berada di angka 6,7 persen.

Bersaing di papan bawah bersama Cak Imin, Puan Maharani memiliki elektabilitas sebesar 6,3 persen. Sedangkan di posisi terakhir bursa cawapres 2024 dihuni bos CT Corp Chairul Tanjung dengan elektabilitas sebesar 2,7 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.