Sukses

15 Ribu Sampel Pemudik kembali ke Jakarta, 84 Reaktif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - TNI dan Polri serta Dinas terkait menggelar swab tes antigen gratis diperuntukkan bagi pemudik yang kembali ke Jakarta. Hasilnya didapati 84 sampel reaktif Covid-19 dari 15.024 sampel. 

"Jumlah pemudik warga yang di tes sekitar 15.024 orang. Yang non reaktif jumlahnya sekitar 14.940 orang. Sementara yang reaktif atau positif Covid-19 jumlahnya 84 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa (18/5/2021).

Yusri menerangkan, Kodam Jaya bersama Polda Metro Jaya dan Dinas terkait Provinsi DKI Jakarta menyediakan swab antigen gratis di 14 pos penyekatan serta Polsek dan Koramil untuk mendeteksi Covud-19 di tubuh pemudik. 

Menurut dia, berkaca pada waktu lalu, setiap libur panjang kasus konfirmasi Covid-19 selalu mengalami peningkatan. Sehingga, TNI dan Polri serta Dinas Provinsi DKI Jakarta berinsiatif melankukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19. 

"Ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Isolasi Mandiri atau di RS

Yusri menerangkan, pemudik yang terindikasi terpapar Covid-19 diberikan dua pilihan yakni menjalani isolasi mandiri atau dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan domisili pasien.

"Mekanismenya memang kalau yang positif itu kita isolasi mandiri. Rincinya dari 84 yang menjalani isolasi mandiri ada 46 orang, kemudian yang kita rujuk ke Wisma Atlet itu 33 orang, dan rujukan lain 5 orang," ujar dia. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: