Sukses

Cak Imin Sebut Mudik Belum Bisa Dibendung, Perlu Kebijakan Efektif Tangani Covid-19

Cak Imin mengatakan, demi menjaga iklim investasi tetap kondusif, perlu kebijakan yang implementatif khususnya penanganan pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, demi menjaga iklim investasi tetap kondusif, perlu kebijakan yang implementatif khususnya penanganan pandemi Covid-19.

Menurut dia, sejumlah kebijakan dalam penanggulangan Covid-19 masih perlu dilakukan berbagai perbaikan.

"Kebijakan mudik lebaran misalnya, meskipun telah dilarang, namun tetap tidak mampu membendung secara penuh mobilitas masyarakat. Kondisi yang tentunya akan meningkatkan risiko lonjakan kasus dan penyebaran Covid-19," kata Cak Imin dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021).

Ketua Umum PKB ini juga menyinggung soal vaksinasi Covid-19 yang harus lebih digencarkan. Pasalnya, ini bisa menciptakan iklim yang lebih kondusif.

Karenanya, demi menjaga ekosistem yang kondusif bagi investasi, salah satunya adalah keamanan wilayah.

Dengan begitu bisa meningkatkan kepercayaan calon investor khususnya bagi mereka yang menyasar sejumlah sektor di daerah-daerah.

"Yang tidak kalah penting, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah masih menjadi persoalan klasik yang terbukti dapat menyebabkan disinsentif bagi dunia investasi. Ini harus terus diperbaiki," kata Cak Imin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Bersinergi

Cak Imin juga menuturkan, perusahaan-perusahaan yang menerima pendanaan program PEN harus dapat memberikan dampak bagi ekosistem sejenis, terutama bagi startup yang melibatkan UMKM sebagai mitra mereka.

"Bersama-sama pemerintah, DPR RI dapat melakukan penghitungan kembali (re-exercise) besarnya dana transfer bagi daerah, terutama daerah-daerah yang memiliki potensi sebagai kawasan tujuan investasi untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Cak Imin