Sukses

Melihat Aktivitas Sejumlah Tempat Wisata Jakarta di Hari Kedua Libur Lebaran

Pada hari kedua libur Lebaran, Taman Margasatwa Ragunan mencatat, hingga pagi tadi pukul 09.00 WIB, sebanyak 2.460 orang datang berwisata ke sana.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari kedua libur Lebaran, Jumat (14/5/2021), rupanya sejumlah masyarakat Jakarta mulai mengunjungi tempat wisata.

Bahkan tak hanya hari ini, mereka rupanya sudah mulai berekreasi sejak libur Lebaran hari pertama, Kamis 13 Mei 2021.

Namun pada hari ini, Taman Margasatwa Ragunan mencatat, hingga pagi tadi pukul 09.00 WIB, sebanyak 2.460 orang datang berwisata ke sana.

"Data pukul 09.00 WIB ya pagi ini, ada 2.460 pengunjung. Kemungkinan masih akan terus berjalan pengunjung masih banyak yang masuk," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

Tak hanya Ragunan, ada pula masyarakat yang memilih Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

Antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpantau di gerbang utama TMII.

Tugu Api Pancasila yang berada di bagian depan TMII ramai masyarakat yang asyik berfoto bersama, piknik beralaskan tikar, hingga bermain layangan.

Berikut melihat sejumlah lokasi wisata di hari kedua libur Lebaran 2021 dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Taman Margasatwa Ragunan

Hari kedua Lebaran, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan sebanyak 2.460 orang pada Jumat pagi (14/5/2021).

"Data pukul 09.00 WIB ya pagi ini, ada 2.460 pengunjung. Kemungkinan masih akan terus berjalan pengunjung masih banyak yang masuk," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi saat dihubungi, Jumat.

Dia menjelaskan, jumlah pengunjung juga dibatasi, yakni hanya 30 persen dari jumlah keseluruhan. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur DKI Jakarta Nomor 5 tahun 2021.

"Kondisi normal, pengunjung di Lebaran itu kisarannya 100 ribu. Jadi kalau kita asumsikan 30 persen dari 100 ribu, jadi 30 ribu," ucap Wahyudi.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan hanya menerima pengunjung dengan KTP DKI Jakarta pada 8-30 Mei 2021.

Untuk waktu operasionalnya yakni mulai Selasa hingga Minggu pukul 07.00-14.00 WIB.

"Dengan batasan kapasitas 30 persen agar tidak terjadi kepadatan kerumunan di dalam area Taman Margasatwa Ragunan. Setelah mencapai kapasitas maka TMR akan tutup," tulis dalam unggahan instagram @ragunanzoo.

Selain itu, untuk pengunjung yang akan datang diwajibkan melakukan pendaftaran secara online satu hari sebelum kunjungan.

Dalam pendaftaran tersebut, setiap satu identitas pendaftar yakni dengan KTP, KK, KIA dapat mendaftarkan maksimal lima pengunjung.

"Link hanya berupa pendaftaran untuk transaksi atau pembelian kartu jakcard tetap di loket. Jika sudah mendaftar jangan lupa tunjukan bukti pendaftaran yang di kirim ke email kamu ke petugas kita," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur menjadi alternatif tempat menghabiskan waktu libur Lebaran Idul Fitri.

Pada hari kedua lebaran, Jumat (14/5/2021), antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpantau di gerbang utama TMII.

Tugu Api Pancasila yang berada di bagian depan TMII ramai masyarakat yang asyik berfoto bersama, piknik beralaskan tikar, hingga bermain layangan.

Novi Andini adalah salah satu warga yang terjebak tidak bisa mudik ke rumahnya di Cikarang. Dia pun memilih untuk berwisata di TMII, dekat dari kediamannya.

"Saya tidak menyangka TMII lumayan penuh juga saat Lebaran. Karena anjungan-anjungan cukup ramai, saya tidak berani mampir ke dalamnya," ucap Novi, dikutip dari Antara, Jumat (14/5/2021).

Bukan cuma area terbuka di Tugu Api Pancasila yang jadi tempat favorit, deretan mobil memenuhi area danau di tengah TMII di mana rerumputan di pinggirnya dijadikan tempat menggelar tikar, berpiknik, dan makan siang bersama.

Beberapa anjungan seperti Sumatera Barat dan Bengkulu memang menggelar acara meriah yang didatangi pengunjung.

TMII tahun ini tetap dibuka saat Idul Fitri agar mengajak masyarakat untuk berwisata ke anjungan-anjungan yang ada lewat tagline "Serasa Pulang Kampung".

Dari pintu gerbang, sudah tersedia banyak keran air dan sabun untuk mencuci tangan. Para petugas juga memeriksa suhu tubuh dan selalu mengingatkan pengunjung untuk memakai masker.

Lewat pengeras suara, petugas juga rutin mengingatkan untuk menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan.

TMII membatasi jumlah pengunjung sebanyak maksimal 30 persen dari kapasitas selama libur Lebaran, yakni 18.000 orang dalam satu waktu. Jam operasional dimulai pada 06.00-18.00 WIB.

 

4 dari 5 halaman

Ancol

Tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan Jakarta Utara menerapkan ketentuan tertentu saat libur Lebaran mulai hari ini Jumat (14/5/2021) hingga Minggu 16 Mei 2021 mendatang.

Ketentuan tersebut adalah pada tanggal yang telah ditentukan itu, Ancol hanya dibuka khusus untuk pemilik indentitas atau KTP DKI Jakarta.

"Halo Ancolovers, ada info terbaru yah untuk tanggal 14-16 Mei 2021 Ancol buka "Khusus untuk KTP DKI" saja," tulis Ancol melalui akun Twitternya @ancoltmnimpian.

Namun pada Kamis, 13 Mei 2021, seluruh masyarakat dapat tetap berekreasi. Kemudian, Ancol juga menerapkan aturan kuota harian pengunjung sebesar 30 persen saja.

"Tanggal 13-16 Mei 2021 Ancol tetap buka namun kuota harian hanya 30 persen dan pembelian tiket online," tutup @ancoltmnimpian.

Sebagai informasi, di luar waktu libur Lebaran Ancol dibuka untuk pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas selama masa pandemi Covid-19.

5 dari 5 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.