Sukses

Anies: Memilih Tidak Mudik saat Momen Lebaran Bukan Sesuatu yang Mudah

Anies menyebutkan, perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah merupakan momentum pengendalian diri di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai keputusan untuk tidak mudik di momen lebaran bukan hal yang mudah bagi masyarakat Indonesia. Dia pun menilai tidak mudik merupakan bentuk dari upaya menahan diri, seperti Ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. 

"Memilih tidak mudik, bukan sesuatu yang mudah tapi itu puasa mengajarkan kita pengendalian diri, menahan diri. Keinginan mudik sama seperti ingin meminum di siang hari, ingin sekali," kata Anies di kediaman pribadinya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021). 

Anies menyebutkan, perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah merupakan momentum pengendalian diri di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Memasuki Idul Fitri ini kita juga mengendalikan diri, mengendalikan diri dari keinginan bepergian jauh, berkumpul dengan saudara jauh," ucap Anies seperti dilansir dari Antara. 

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada warga DKI Jakarta yang memilih tidak mudik dan melaksanakan ibadah Shalat Id di kediaman masing-masing.

Selain itu, dengan melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri di rumah, lanjut dia, memastikan keselamatan keluarga dari penularan COVID-19.

"Lebaran ini bagi umat Muslim kesempatan untuk merefleksikan bahwa kebersamaan itu ditopang dengan keselamatan. Keselamatanlah yang membantu kita bisa tetap bersama dengan keluarga," ucap Anies.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Id di Rumah

Sesuai dengan anjurannya, Anies melaksanakan Shalat Id di rumah pribadinya Jalan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Shalat Id diadakan tepat pukul 07.00 WIB di halaman belakang rumahnya yang hijau dan asri dengan ikon pendopo yang dipimpin Imam dan Khatib Ustadz Afifudien Rohaly.

Ibadah tersebut diikuti oleh keluarga besarnya sekitar 30 orang dengan penerapan protokol kesehatan yakni tetap mengenakan masker.

Ada yang menarik dengan perayaan Idul Fitri tahun ini, Anies mengenakan sorban dengan motif batik berbendera Palestina dan bendera Merah Putih.

"Saya dan anak-anak pakai ini sebagai bagian dari simpati kita kepada mereka (bangsa Palestina)," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.