Sukses

Antisipasi Kerumunan Pemudik, Polisi Tambah Personel di Penyekatan Kedungwaringin Bekasi

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Bekasi menambah jumlah personel di pos penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Upaya ini untuk mengantisipasi terjadinya kembali penumpukan antrean kendaraan pemudik yang hendak melintas.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, personel tambahan yang diterjunkan berjumlah ratusan, yang terdiri dari jajaran Polres Metro Bekasi dan Polda Metro Jaya.

"Kita tambah sekitar 150 an personel, dan kita minta penambahan dari polda sekitar 1 pleton," kata Hendra, Senin (10/5/2021).

Menurut dia, dengan adanya penambahan jumlah personel, akan mempercepat proses pemeriksaan dokumen pemudik, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan, seperti pada Minggu 9 Mei 2021 malam.

"Kemudian dari beberapa pos penyekatan yang ada, kita minta beberapa, mungkin sekitar 150-200 orang," ujar Hendra.

Selain menambah jumlah personel, kepolisian juga akan menambah pos penyekatan mudik di lokasi untuk memaksimalkan pemeriksaan dokumen kendaraan.

 

2 dari 3 halaman

Pos Penyekatan Jebol

Sebelumnya antrean kendaraan pemudik yang membludak di pos penyekatan Kedungwaringin, pada Minggu malam, membuat polisi kewalahan. Petugas pun akhirnya memutuskan membuka penyekatan dan meloloskan para pemudik.

"Karena ini terlalu padat dan juga kondisinya tidak terlalu kondusif, sehingga secara diskresi ambil kebijakan untuk dilepas," jelas Hendra.

Meski demikian, kata dia, para pemudik yamg lolos masih akan menemui titik penyekatan yang telah disiapkan di sejumlah daerah tujuan mudik. Polres Metro Bekasi sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian bersangkutan, terkait hal ini.

"Kita koordinasi dengan Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon, dan daerah penyekatan lain untuk melakukan penyekatan kembali. Tidak berarti kita lepas di sini, di sana tidak disekat," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: