Sukses

4 Fakta Polisi Sempat Amankan 22 Orang saat Hari Buruh 1 Mei

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memberikan label anarko kepada 22 orang yang diamankan saat aksi Hari Buruh 1 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengamankan 22 orang yang diduga sebagai penyusup pada saat aksi Hari Buruh Sabtu, 1 Mei 2021.

Mereka diamankan ke Polda Metro Jaya karena berniat bergabung dengan barisan serikat buruh yang melakukan unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh atau May Day di Kantor Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memberikan label anarko kepada mereka.

"22 orang anak anarko diamankan. Iya itu di (depan Gedung) ILO mau bergabung dengan kelompok buruh-buruh itu loh," ujar Yusri, Sabtu, 1 Mei 2021.

Usai menjalani pemeriksaan, mereka pun dipulangkan pada hari ini, Minggu (2/5/2021).

"Setelah didalami memang ada yang dari kelompok-kelompok anarko. Jadi kita datakan, kita edukasi, lalu kita pulangkan," kata Yusri ketika dihubungi merdeka.com Minggu (2/5/2021).

Berikut fakta terkait polisi mengamankan 22 orang saat unjuk rasa Hari Buruh atau May Day pada Sabtu, 1 Mei 2021 dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anarko Dibawa ke Polda Metro Jaya

Sebanyak 22 orang yang diduga sebagai penyusup diamankan ke Polda Metro Jaya.

Mereka berniat bergabung dengan barisan serikat buruh yang melakukan unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh atau May Day di Kantor Organisasi Buruh Internasional (ILO), Sabtu, 1 AMei 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memberikan label anarko kepada mereka.

"22 orang anak anarko diamankan. Iya itu di (depan Gedung) ILO mau bergabung dengan kelompok buruh-buruh itu loh," ujar Yusri.

 

3 dari 5 halaman

Hendak Memantik Kericuhan

Yusri menerangkan, diduga 22 orang anarko tersebut hendak memantik kericuhan di tengah-tengah aksi unjuk rasa para buruh. 

"Mereka ada indikasi buat kerusuhan. Seperti biasa mereka ada dugaan mau buat kerusuhan makanya kita amankan kita periksa," ucap dia.

 

4 dari 5 halaman

Dipulangkan

Jajaran Polda Metro Jaya telah memulangkan 22 orang diduga kelompok anarko yang sempat diamankan saat aksi demo Hari Buruh atau May Day, Sabtu 1 Mei 2021 kemarin.

"Setelah didalami memang ada yang dari kelompok-kelompok anarko. Jadi kita datakan, kita edukasi, lalu kita pulangkan," kata Yusri ketika dihubungi merdeka.com Minggu (2/5/2021).

 

5 dari 5 halaman

Dipastikan Bukan Buruh

Yusri menyatakan, 22 orang yang diamankan tersebut bukan berasal dari kelompok buruh. Mereka disebut berniat menyusup ke dalam barisan buruh untuk memantik kericuhan saat aksi demonstrasi.

"Ini kan (diamankan) baru langkah preventif, jadi belum terjadi. Jadi mereka itu bukan buruh, tapi mau bergabung dan ada niatan dari chat itu (para Anarko)," katanya.

Dia juga mengklaim, sejumlah asosiasi buruh telah mengkonfirmasi bahwa 22 orang yang diamankan pada saat aksi May Day bukanlah kelompok mereka.

"Pihak dari buruh pun menyatakan 'itu bukan kelompok kami pak', tapi dia mau masuk ke kedalam situ yang biasanya akhirannya itu rusuh," bebernya.

"Yang biasanya lempar-lemparan, itu bukan buruh, tapi penyusup. Maka sebelum dimulainya demo sudah kita amankan. Dia itu sudah di dalam, tapi orang buruh bilang itu bukan dari kita, maka kita amankan. Itulah bentuk preventif kita," jelas Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.