Sukses

4 Hal Menarik Terkait Pertemuan Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa

Liputan6.com, Jakarta Pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Sate, Bandung menuai sorotan. Bahkan pertemuan tersebut sempat memunculkan kabar keduanya akan berpasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Terkait hal tersebut, orang nomor 1 di Jawa Barat ini menegaskan, pertemuan dengan Gubernur Khofifah tak ada sedikit pun membahas soal Pilpres.

"Tidak direncanakan, jadi politik mah tafsir. Kita jauhan ditafsir, kita dekatkan ditafsir, tidak bersapa ditafsir, akrab ditafsir. Kita mah niatnya bukan itu, niatnya urusan kemaslahatan keumatan," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa, 20 April kemarin.

Senada dengan Ridwan Kamil, Khofifah mengungkap pertemuan antara keduanya bagian dari silaturahmi. Orang nomor satu di Jawa Timur ini juga menyebut, dirinya meminta pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut untuk mendesain sebuah masjid di Kota Surabaya.

"Islamic Center akan direvitalisasi, dan yang memiliki keahlian mengarsiteki masjidnya adalah Gubernur Jabar," ujar Khofifah usai bertemu Ridwan Kamil di Kantor Gubernur Jabar di Bandung, Senin malam, 19 April 2021.

Beriikut sejumlah hal yang diungkap Ridwan Kamil dan Khofifah saat keduanya bertemu di Gedung Sate dihimpun dari Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. Tidak Bahas Pilpres 2024

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan, agenda pertemuan antara dirinya dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Sate Bandung, tidak terkait perpolitikan, namun hanya bersilaturahim sebagai sesama kepala daerah.

Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini mengaku akan kompak bersinergi dan menegaskan tak membahas kemungkinan berpasangan di Pilpres 2024 terkait pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah bertemu dengan Kang Emil seusai mengisi studium generale di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang kemudian bertemu dengan elemen muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Bandung.

Keduanya juga menegaskan dalam pertemuan itu tidak ada pembahasan mengenai kemungkinan berpasangan pada Pilpres 2024. Sementara di sisi lain, mereka tidak mempermasalahkan adanya tafsiran yang berhubungan dengan kontestasi politik.

3 dari 6 halaman

2. Ridwab Kamil Diminta Mendesain Masjid

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkap tujuan utama dirinya bertemu dengan meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni menjadi arsitek untuk pembangunan masjid di Islamic Center Surabaya.

"Islamic Center akan direvitalisasi, dan yang memiliki keahlian mengarsiteki masjidnya adalah Gubernur Jabar," ujar Khofifah usai bertemu Ridwan Kamil di Kantor Gubernur Jabar di Bandung, Senin, 19 April malam.

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa masjid yang selama ini berdiri dianggap kurang memadai sehingga perlu revitalisasi Islamic Center.

"Dua minggu lalu kami membahas dengan tim Islamic Center. Saya melihat masjidnya ukurannya seperti musala namun memiliki halaman sangat luas. Maka, kami putuskan mendirikan masjid di halaman depan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Khofifah Tertarik Sentuhan Arsitektur Ridwan Kamil

Khofifah juga mengaku tertarik dengan pembangunan sejumlah masjid di Tanah Air lewat sentuhan arsitektur Ridwan Kamil. 

"Saya pernah ke Padang, dan saya menikmati sekali bagaimana masjid Jami di Padang dan masjid di Makassar saya juga menikmati beberapa kali. Kami tentu berharap ada sentuhan dari skill beliau untuk arsitektur masjid di Islamic Center Surabaya. Mudah-mudahan ini dapat disegerakan dari kesibukan Beliau," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial RI itu berharap pembangunan masjid dapat mulai groundbreaking setelah perubahan anggaran keuangan (PAK) pada tahun anggaran 2021.

5 dari 6 halaman

4. Ridwan Kamil Menyanggupi

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan kesanggupannya untuk merancang arsitektur masjid Islamic Center, bahkan akan membuat desain terbaik.

"Bu Khofifah meminta saya untuk mendesainkan masjid di Surabaya. Alhamdulillah, jadi ladang ibadah. Insya Allah nanti di Jatim akan didesainkan masjid paling keren se-Indonesia," kata Emil.

Untuk diketahui, pada Rabu 7 April lalu, peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Palestina telah dilakukan. Ridwan Kamil adalah arsiteknya. 

 

Daffa Haiqal

 

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: