Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Minta Dokter Terus Bangun Kesadaran Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Ma'ruf pun menjelaskan pandangan agama Islam, mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 merupakan kewajiban umat muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh tenaga kesehatan, khususnya dokter untuk terus membangun kesadaran masyarakat agar mau melaksanakan vaksinasi sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. 

"Kita harus membangun kesadaran masyarakat, melalui sosialisasi dan edukasi secara masif dan terus menerus untuk menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi, melalui pendekatan kesehatan maupun pendekatan keagamaan," kata Wapres Ma’ruf pada acara Pesantren Ramadan Dokter Indonesia (Paramadia) secara daring, Sabtu (17/4/2021). 

Dia pun menjelaskan pandangan agama Islam, mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi merupakan kewajiban umat muslim.

"Menurut pandangan agama mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi itu juga merupakan kewajiban, karena ilmu kesehatan atau kedokteran itu juga termasuk tata aturan Allah (nidzam rabbani) yang terkait dengan sebab akibat atau attasabbub," jelas Ma'ruf dilansir Antara.

Wapres juga menjelaskan, menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitar dari bahaya, termasuk pandemi Covid-19, merupakan kewajiban umat Islam yang tertulis pada Alquran.

"Oleh karena itu maka, menjaga diri dari wabah (al ikhtiraj minal waba), seperti Covid-19, hukumnya adalah wajib," tegasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Medis Terus Berikan Dedikasi

Karenanya, dia berharap seluruh dokter dan tenaga kesehatan lainnya dapat terus memberikan dedikasi dan kemampuan terbaiknya dalam membantu emerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Saya berharap kita semua tetap memberikan dedikasi, pengabdian, dan kemampuan terbaik untuk membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.