Sukses

Suzuki di Amerika Bangkrut

Liputan6.com, California: Suzuki adalah salah satu raksasa otomotif asal Jepang yang harus keok di Amerika. Perusahaan dengan bendera American Suzuki Motor Corp itu terpaksa mengumumkan kebangkrutannya. Namun kebangkrutan Suzuki di Amerika ini tidak berkaitan dengan basisnya di Jepang Suzuki Co.

American Suzuki Motor Corp telah mengajukan perindungan kebangkrutran pada pengadilan. Seperti dilansir AP, Selasa (6/11), pengajuan kebangkrutan itu karena rendahnya penjualan mobil di AS dan rencana untuk melakukan restrukturisasi bisnisnya.

Dalam pernyataan kebangkrutannya, American Suzuki Motor Corp mengatakan rendahnya volume penjualan, nilai tukar yang tidak menguntungkan, biaya tinggi untuk distribusi dan pemeliharaan membuat perusahaan menjadi tidak kompetitif.

"Keputusan untuk menghentikan penjualan mobil baru merupakan tindakan yang tidak bisa dihindari. Keputusan (pengajuan bangkrut) ini didedikasikan untuk menghormati komitmen pada pelanggan," bunyi pernyataan dari American Suzuki Motor Corp.

Di Amerika, perusahaan Suzuki berbasis di wilayah Brea, California. Perusahaan menjadi distributor tunggal Suzuki Co untuk penjualan kendaraan bermotor di Amerika Serikat.

Setelah pengajuan kebangkrutan ini, Suzuki Amerika akan melakukan restrukturisasi bisnisnya dan akan fokus pada penjualan sepeda motor. Suzuki di Amerika memilih keluar dari bisnis mobil karena penjualannya amat lambat. (IGW)

    Loading