Sukses

Kemenkumham Akan Tindak Lanjut Dokumen Demokrat dari AHY

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar telah menerima sejumlah dokumen dari partai Demokrat yang langsung diserahkan oleh Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Pantauan di lokasi, ada lima boks kontainer berisi dokumen Partai Demokrat yang berisi AD dan ART yang dinyatakan AHY sebagai berkas yang sah. Sebab dokumen tersebut adalah hasil Kongres kelima Partai Demokrat 2020 yang telah dilegitimasi Kemenkumham.

"Kami terima ini dokumen, kami juga mendengarkan apa pun yang disampaikan," kata Cahyo usai kunjungan AHY beserta 34 pimpinan DPD Partai Demokrat di kantornya, Gedung Kemenkumham Jakarta, Senin (8/3/2021).

Menurut Cahyo, pihaknya akan menelaah semua dokumen yang diserahkan.

Dia pun akan mempelajari lebih lanjut untuk memberi kepastian antara dua klaim yang terjadi antara kubu Partai Demokrat AHY dan Moeldoko.

"Tentu kami jelaskan, kami akan mencatat dan melakukan telaah lebih lanjut terhadap dokumen ini," jelas Cahyo.

Dalam kesempatan yang bersamaan, AHY berharap pihak Kemenkumham bisa objektif terjadap dokumen diserahkan pihaknya hari ini.

Dia percaya bahwa keutuhan Partai Demokrat masih bisa terjaga meski saat ini tengah dirundung cobaan.

"Saya berkeyakinin Kemenkumham bisa bertindak objektif dengan bukti dan fakta hari ini, karena kami ingin dmeokrasi di negeri kita dan segalanya terang benderang," kata AHY.

 

2 dari 3 halaman

Tetap Datangi Kemenkumham

Politisi Demokrat yang pro Kongres Luar Biasa (KLB) Sumatera Utara, Max Sopacua mengatakan pihaknya akan tetap mendaftarkan kepengurusan yang dipimpin Moeldoko ke Kemenkumham hari ini, Senin (8/3/2021).

Meski demikian, dia menuturkan tak mengetahui persis waktu KLB Demokrat akan mendaftarkannya, karena sudah ada pihak yang mengaturnya.

"Rencananya begitu. Tapi saya belum dikabarin karena sudah ada yang urus," kata Max Sopacua kepada Liputan6.com, Senin (8/3/2021).

Dia tak mau ambil pusing kendati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama para kader Demokrat lain juga hadir di Kemenkumham.

"Kita nonton aja," kata Max Sopacua.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: