Sukses

PDIP Belum Pikirkan Pilpres 2024, Fokus Jalani Politik Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya masih belum memikirkan Pilpres 2024 terlebih ada dua nama kadernya Ganjar Pranowo dan Puan Maharani di berbagai lembaga survei.

Menurut dia, hal tersebut masih jauh. "Pilpres masih jauh," kata Hasto disela acara 'Gowes Bareng PDI Perjuangan', di Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Hasto menuturkan, daripada fokus memikirkan elektabilitas bakal capres-cawapres, Hasto mengatakan PDIP memilih untuk melakukan langkah-langkah konsolidasi.

"Elektoral PDI Perjuangan itu terus meningkat, berada di nomor 1. Kami mengucapkan terima kasih. Kami terus melakukan perbaikan di internal agar semakin memenuhi harapan rakyat," tegas dia.

Karena itu, Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto menuturkan, partainya memilih cara yang tidak lazim dalam untuk mengenalkan cara berpolitik ke masyarakat. Salah satunya seperti hari ini, kegiatan bersepeda sehat santai mengeliling jalan Ibu Kota, bersama struktur partai, pengurus cabang dan simpatisan.

Menurut Utut, kegiatan ini sebagai cara mengenalkan politik ke publik yang dimulai dari hal- hal ringan dan tentunya membuat tubuh sehat. Dia menamakan politik gembira.

"Kita jalani dengan gembira. Kegembiraan kunci keberhasilan. Mudah-mudahan banyak orang masuk PDI Perjuangan karena gembira bersama kita," ungkap Utut.

Menurut Utut, kegiatan ini sebagai cara PDIP mengenalkan politik ke publik yang dimulai dari hal- hal ringan dan tentunya membuat tubuh sehat.

"Hari ini, kita olahraga bareng. Mudah-mudahan kalau pandemi berakhir kita bisa bikin selanjutnya festival kuliner, berikutnya festival Kebudayaan Nusantara," kata Utut.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Survei Pilpres

Lembaga penelitian Indometer merilis hasil surveinya yang dilakukan 1-10 Februari 2021, salah satunya terkait elektabilitas tokoh yang disebut-sebut jadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Adapun dalam survei yang dilakukan melalui sambungan telepon dengan mengambil 1.200 responden secara acak dengan margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen tersebut, menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tetap berada di atas dengan raihan 17,2 persen.

Sebelumnya, suara Prabowo sempat turun dari 17,6 persen pada survei bulan Juli 2020 menjadi 16,8 persen pada survei bulan Oktober 2020. Sedangkan posisi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saling berlomba jika keduanya maju dalam Pilpres 2024.

Elektabilitas Ganjar saat ini sebesar 15,9 persen, setelah sebelumnya naik dari 15,4 persen (Juli 2020) menjadi 16,5 persen (Oktober 2020). Sedangkan Kang Emil melesat hingga 16,1 persen, padahal sebelumnya turun dari 11,3 persen (Juli 2020) menjadi 10,6 persen (Oktober 2020).

"Prabowo masih kokoh sebagai capres terkuat, sementara Ridwan Kamil dan Ganjar kini mulai saling menyalip," kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer, Leonard SB dalam keterangannya, Kamis (18/2/2021) seperti dilansir dari Antara.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: