Sukses

Pemerintah Perluas Titik Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Selain memperluas cakupan wilayah pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pemerintah juga memperbaiki sistem antrean vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan pemerintah tengah berupaya memudahkan warga lanjut usia (lansia) menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19. Salah satu caranya, memperluas titik pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

"Pemerintah akan terus memperluas cakupan pelaksanaan vaksinasi, sehingga masyarakat terutama lansia yang tinggal jauh dari ibu kota provinsi dapat memperoleh vaksin di lokasi yang lebih terjangkau," katanya, Jumat (26/2/2021).

Selain memperluas cakupan wilayah pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pemerintah juga memperbaiki sistem antrean vaksinasi. Langkah ini untuk memudahkan lansia mendapatkan jadwal dan mencegah penumpukan saat vaksinasi Covid-19.

"Dengan demikian, kejadian serupa seperti di RSUD Kembangan dapat dihindari ke depannya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, lansia yang antre mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, mengular hingga ke luar jalan. Kondisi ini terlihat dari video yang tersebar luas melalui media sosial.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftar Lebihi Kapasitas Rumah Sakit

Camat Kembangan, Joko Mulyono mengatakan terjadi antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Jadi banyak sekali yang mendaftar, sehingga hari pertama ini jumlah yang datang cukup besar," kata Joko.

Joko menyebut, jumlah lansia yang datang mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan melebihi kapasitas rumah sakit tersebut. Dia memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat untuk mengantisipasi antrean berulang.

"Untuk kegiatan vaksin selanjutnya undangannya agak dibatasi sesuai kapasitas RSUD Kembangan dan jam datangnya kita atur agar tidak bergerombol datangnya," ujar Joko.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.