Sukses

Satgas Sebut Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Hanya Dilakukan di Faskes

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di atas 60 tahun saat ini hanya dilakukan di fasilitas kesehatan.

Pernyataan ini menanggapi usulan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara door to door.

"Untuk saat ini vaksinasi hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) baik di puskesmas atau di rumah sakit," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2).

Usulan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara door to door berawal dari keluhan masyarakat bingung melakukan pendaftaran secara daring. Sementara itu, sejumlah sasaran lansia mengalami kendala internet sehingga sulit untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Wiku menuturkan, pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia bisa melalui situs kemkes.go.id. Dia berharap, fasilitas pelayanan kesehatan masing-masing daerah turut membantu lansia untuk melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19 melalui situs tersebut.

"Kami harap dinkes, fasyankes di daerah serta posko satgas di daerah sampai pada level RT RW juga bisa mebantu koordinir pendaftaran vaksinasi lansia. Terutama bantuan bagi masyarakat yang kesusahan mengakses laman pendaftaran," kata dia.

 

 

2 dari 3 halaman

Sempat Viral

Sebuah video viral menunjukkan puluhan orang lanjut usia (Lansia) rela mengantre panjang untuk mendaftar vaksinasi Covid-19. Antrean mengular itu terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat, Minggu 21 Februari 2021.

Camat Kembangan Joko Mulyono menyebutkan, terjadi antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Jadi banyak sekali yang mendaftar, sehingga hari pertama ini jumlah yang datang cukup besar," kata Joko dikutip dari Antara.

Lansia yang antre mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan itu mengular hingga ke luar jalan. Peristiwa itu terlihat dari video yang tersebar luas melalui media sosial.

Joko membenarkan, jumlah lansia yang datang mendaftar vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan melebihi kapasitas rumah sakit tersebut.

Dia menyatakan telah berkoordinasi dengan pihak Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat untuk mengantisipasi antrean panjang berulang.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: