Sukses

Top 3 News: Intensitas Kegempaan Naik, BMKG Imbau Warga Waspada Potensi Gempa Besar

Liputan6.com, Jakarta Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyoroti aktivitas kegempaan yang semakin meningkat di Tanah Air dalam sebulan terakhir. Kondisi tersebut bahkan dikatakan dapat berpotensi terjadinya gempa besar. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Jumat,19 Februari 2021.

Karenanya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menyiapkan jalur mitigasi yang dianggap aman. 

Langkah mitigasi ini diperuntukkan untuk warga yang tinggal di pesisir pantai, seperti Pacitan, Trenggalek, Malang, Jember, Banyuwangi dan daerah pesisir lain baik itu Jawa maupun luar Jawa yang menjadi jalur kegempaan.

Berita terpopuler lain yang tak kalah disorot terkait penangkapan istri dari Ajun Perwira, Jennifer Jill atas kasus penyalahgunaan narkoba. Atas kepemilikan sabu seberat 0,39 gram, Jennifer kini berstatus tersangka.

Kepada polisi, Jennifer Jill pun mengakui bahwa bukti narkoba tersebut adalah miliknya yang disimpannya di dalam lemari. Sementara itu, dari hasil tes urine yang dilakukan, istri dari Ajun Perwira ini dinyatakan negatif narkoba.

Banjir yang terjadi di Ibu Kota juga banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com. Salah satunya terjadi di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Terlebih saat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan upaya evakuasi bagi satu keluarga yang dilaporkan terpaparkan Covid-19.

Petugas harus menembus banjir dengan ketinggian 90 sentimeter, lengkap dengan seragam APD yang melekat sambil membawa perahu karet dan pelampung . 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 19 Februari 2021:

 

2 dari 5 halaman

1. BMKG Imbau Warga Tetap Waspadai Potensi Gempa Besar

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat tetap mewaspadai potensi dan risiko terjadinya gempa besar dengan mempersiapkan jalur mitigasi ke daerah yang dianggap aman, terutama yang berada di ketinggian.

"Gempa bumi tidak bisa diprediksi. Namun kita bisa memperkirakan zona-zonanya, mana yang harus diwaspadai," kata dia dikonfirmasi saat melakukan kunjungan kerja di Pacitan, Kamis (18/2/2021).

Ia menyebut kegempaan yang puluhan kali melanda berbagai daerah di Indonesia, baik di Pulau Jawa maupun Sumatera dan daerah-daerah di Indonesia timur sejak sebulan terakhir, bisa jadi pertanda yang harus diwaspadai.

Intensitas kegempaan bahkan disebut Dwikorita meningkat. Selama kurun Januari saja, terjadi 85 kali kejadian kegempaan yang tersebar mulai dari Aceh, Nias, Bengkulu, dan Lampung.

Dikutip dari Antara, Dwikorita menuturkan, belajar dari sejumlah kejadian gempa di Tanah Air, guncangan besar tidak terjadi tiba-tiba.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. 5 Fakta Baru dari Kasus Narkoba yang Menjerat Jennifer Jill

Istri artis Ajun Prawira, Jennifer Jill berstatus tersangka lantaran dugaan penyalahgunaan narkoba. Jennifer ditangkap di kediamannya di kawasan Ancol, Jakarta dengan barang bukti narkoba jenis sabu, Selasa, 16 Februari 2021. 

Walaupun hasil tes urine Jennifer Jill dinyatakan negatif narkoba, perempuan tersebut mengakui bahwa sabu itu miliknya.

Dari pengakuannya tersebut, maka istri dari Ajun Perwira ini dijerat dengan pasal kepemilikan narkoba yaitu Pasal 12 Ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 tentang Narkotika.

Kepada polisi, Jennifer Jill mengaku telah memiliki narkoba tersebut selama 4 tahun. Ada dua paket sabu yang disimpannya dalam lemari dengan berat 0,39 gram.

"Tersangka mengakui itu miliknya, keterangan awalnya itu miliknya sejak 4 tahun yang lalu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (19/2/2021).

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Detik-Detik Satu Keluarga Terinfeksi Covid-19 Dievakuasi dari Rumah yang Kebanjiran di Bekasi

Satu keluarga yang tengah menjalani isolasi karena Covid-19 di Perumahan Masnaga di Kota Bekasi di evakuasi dari kediamannya karena terendam banjir.

Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kerahkan untuk memindahkan keluarga tersebut ke lokasi pengungsian.

Demi memindahkan keluarga tersebut dari rumahnya, tim dari BPBD datang menjemput dengan mengenakan setelan alat pelindung diri (APD), dengan membawa perahu karet dan pelampung. 

Satu demi satu, penghuni rumah tersebut keluar menembus banjir yang tingginya mencapai 90 sentimeter itu. 

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: