Sukses

AMI: Museum dan Galeri SBY-Ani Akan Memberi Dampak Baik ke Berbagai Sektor

Dari aspek sosial, Museum dan Galeri SBY-Ani akan menjadi narasi utama dalam bidang sejarah dan budaya di Kabupaten Pacitan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana menilai pembangunan Museum dan Galeri SBY-Ani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur akan berdampak positif dalam berbagai aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial budaya dan kemajuan permuseuman di Indonesia.

Dari aspek ekonomi, Museum dan Galeri SBY-Ani ini akan menjadi sumber perekonomian baru bagi masyarakat di sana.

"Jika Museum itu nantinya beroperasi, akan ada sirkulasi ekonomi bagi masyarakat Pacitan dan sekitarnya. Terciptanya lapangan pekerjaan baru, peningkatan wisatawan, serta sektor UMKM hidup kembali sesuai dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah," ujar Putu dalam keterangan tertulis, Jumat, (19/02/2021).

Dari aspek sosial, lanjut dia, Museum dan Galeri SBY-Ani akan menjadi narasi utama dalam bidang sejarah dan budaya di Kabupaten Pacitan, karena SBY adalah putera terbaik Pacitan yang mampu menjadi pemimpin Indonesia selama 10 tahun. Ini menjadi monumen kebanggaan warga Pacitan yang bisa diingat sampai kapan pun.

"Kita tahu bahwa SBY adalah Icon Pacitan. Seorang tokoh kebanggaan masyarakat Jawa Timur yang pernah memimpin bangsa ini selama 2 periode. Seorang tokoh bangsa yang menggagas Gerakan Nasional Cinta Museum di Indonesia. Jadi wajar saja bila diabadikan sebagai bagian sejarah perjalanan bangsa ini. Berbagai museum tokoh bangsa juga ada di Jawa Timur seperti museum HOS Tjokroaminoto, museum WR Soepratman, cagar budaya rumah kelahiran Presiden RI Soekarno dan banyak lainnya," ucap Putu.

Pendirian Museum dan Galeri SBY-Ani ini juga menjadi momentum kebangkitan kembali Museum di Indonesia. Perhatian pemerintah daerah terhadap Museum dan Galeri SBY-Ani adalah hal yang baik dan harus dijadikan contoh bagi pemerintah daerah lainnya.

"AMI akan terus mendorong agar lembaga negara, kementerian, secara khusus dirjen kebudayaan untuk lebih memberikan perhatian, dukungan dan kontribusi nyata terhadap Museum yang ada di Indonesia," harap Putu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Manajemen Pengelolaan

Menurut dia, manajemen pengelolaan museum perlu terus ditingkatkan, bantuan anggaran baik dari pemerintah maupun pemerintah daerah juga perlu dikomprehensifkan, dan pengelolaan berbagai sumber daya perlu dimaksimalkan.

"Saya berharap Sapta Karsa permuseuman Indonesia dapat diwujudkan dengan sinergi menyeluruh berbagai pihak agar dapat memuliakan dan menggaungkan nilai-nilai luhur peradaban dan kebudayaan bangsa Indonesia," pungkas Putu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.