Sukses

Satgas: Kenaikan Kasus Covid-19 Usai Libur Imlek Terlihat 3 Pekan Mendatang

 

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kenaikan kasus positif Covid-19 akibat libur panjang Hari Raya Imlek baru dapat terlihat pada dua hingga tiga pekan ke depan.

Kendati begitu, dia memastikan pemerintah telah mempersiapkan langkah antisipasi apabila nantinya terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Peningkatan kasus positif pasca-libur Imlek ini dapat di lihat dari 2 sampai minggu setelah Hari Raya tersebut. Saat ini pemerintah mengantisipasi apabila nantinya memang terjadi lonjakan kasus positif," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Sejumlah langkah antisipasi yang disiapkan pemerintah anrara lain, memastikan ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19. Baik di ruang isolasi maupun ICU fasilitas kesehatan.

Sementara untuk libur panjang berikutnya, pemerintah akan tetap menerapkan pembatasan kegiatan dan mobilitas masyarakat. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk saat ini, kata Wiku, pemerintah tengah berfokus menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Adapun PPKM skala mikro merupakan strategi pembatasan kegiatan pada di lingkup desa, kelurahan, dan RT/RW.

"Dengan PPKM ini, pemerintah berharap bisa menekan laju penularan sehingga tidak terjadi pembengkakan kasus saat liburan," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

9.039 Kasus Baru Covid-19

Sebelumnya, pemerintah melaporkan terdapat 9.039 kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia, Kamis (18/2/2021). Dengan adanya penambahan kasus tersebut, total kasus virus corona di tanah air mencapai 1.252.685.

Penambahan kasus baru itu didapat dari pemeriksaan 24.248 spesimen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, penambahan kasus positif tertinggi ditemukan di Jawa Barat sebanyak 4.420.

Kemudian, Jawa Tengah menyumbang 676 kasus baru Covid-19. Sementara itu, DKI Jakarta tercatat menyumbang 373 kasus baru. Di luar Pulau Jawa, penambahan kasus positif Covid-19 terjadi di Kalimantan Timur 518 dan Bali 306 .

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: