Sukses

Perayaan Imlek, Anies Ajak Masyarakat Kuatkan Persatuan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga menikmati libur hari raya Imlek di rumah saja dan tidak bepergian bila tidak mendesak.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya persatuan dalam perayaan Imlek 2572 Kongzili. Menurut dia, Imlek kerap mengajarkan pentingnya persatuan di dalam menghadapi berbagai ujian.

"Apalagi bersamaan dengan itu kita dalam suasana duka atas cobaan bencana yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai wilayah Indonesia. Tapi kita perlu ingat bahwa dalam sejarahnya Imlek itu memberikan hikmah tentang pentingnya persatuan dalam menghadapi semua masalah," kata Anies dalam perayaan Imlek 2572 Kongzili secara daring, Minggu (14/2/2021).

Anies menguraikan sebuah kisah China soal Imlek. Di mana kisah itu memuat pesan bahwa dengan kebersamaan sekelompok masyarakat desa dapat mengusir raksasa yang sering mengganggu desa itu. 

"Kisah klasik ini banyak hikmahnya dan  relevan dengan situasi kita sekarang, saat ini kita berhadapan dengan pandemi, ada bencana alam dan ini justru harus menjadi kesempatan untuk mengukuhkan rasa persatuan dan memupuk optimisme kita," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga sempat menyitir pepatah China kuno yang mengajarkan mengenai kesempatan untuk orang yang optimis dalam menghadapi kesulitan. Karena itu, Anies mengajak masyarakat untuk menggunakan kacamata optimisme dalam melihat pandemi Covid-19 ini.

"Untuk mencari kesempatan, untuk mencari peluang agar kita bisa kembali kuat, kembali bangkit dalam suasana persatuan, dalam suasana persaudaraan salang menopang saling memupuk optimisme," tegas Anies Baswedan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bepergian

Harapannya dengan itu semu bisa membuat semua masyarakat lebih cepat melewati masa penuh ujian tersebut.

"Selamat tahun baru Imlek 2572 Kongzili, Gong Xi Fat Chai," kata dia.

Anies Baswedan juga mengajak warga menikmati libur hari raya Imlek di rumah saja dan tidak bepergian bila tidak mendesak.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan libur ini bersama keluarga di rumah, mengurangi kegiatan bepergian kecuali ada kebutuhan mendasar dan mendesak,” kata Anies di Jakarta, Rabu (10/2/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.