Sukses

Wakil Gubernur DKI: Program Normalisasi Sungai Tetap Ada

Ahmad Riza Patria mengatakan, program normalisasi sungai masih tetap ada dan tidak pernah dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, program normalisasi sungai masih tetap ada dan tidak pernah dihilangkan.

"Jadi sekali lagi program normalisasi tetap ada, tidak pernah dihilangkan atau dihapuskan dan sebagainya," kata Riza Patria di Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Dia menuturkan, bukan hanya normalisasi sungai, tetapi sejumlah program baik dari pimpinan DKI sebelumnya masih terus dilanjutkan.

"Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta), kami semua, mengakomodir semua masukan, dukungan, aspirasi masyarakat, dan juga melanjutkan program-program pemimpin sebelumnya yang kita yakini dan rasakan baik," jelas Riza Patria.

Terkait pernyataan anggota DPRD DKI yang menyatakan program normalisasi sungai menghilang, dirinya meminta untuk dicek kembali.

"Kami minta untuk dicek kembali, diteliti kembali sebelum memberikan pernyataan ke publik. Jangan sampai menimbulkan polemik di masyarakat," kata Riza Patria.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikritik DPRD DKI

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak menilai konsep naturalisasi sungai program Gubernur DKI Anies Baswedan masih sebatas wacana.

"Konsep naturalisasi masih sebatas wacana di atas kertas. Dan yang sudah terbukti adalah normalisasi," kata Gilbert melalui keterangan tertulis, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, program tersebut tidak berjalan karena dinilai akan merugikan masyarakat yang terdampak banjir.

Sementara, untuk perubahan RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Gilbert pun menilai telah bertentangan dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang mensyaratkan harus lebih dari tiga tahun umur RPJMD agar dapat diubah.

Selain itu, kata dia, saat kondisi mendesak persyaratan juga tidak terpenuhi untuk perubahan RPJMD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.