Sukses

Jokowi: Walau Aktivitas Dibatasi, Kita Beruntung Tidak Lockdown

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia beruntung hanya menerapkan pembatasan kegiatan, di saat negara-negara lain mulai memberlakukan lockdown.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia beruntung hanya menerapkan pembatasan kegiatan, di saat negara-negara lain mulai memberlakukan lockdown. Meski kegiatan dibatasi, dia mengatakan pelaku usaha masih dapat berdagang.

"Di sini walau aktivitas terbatas tapi masih (bisa) berusaha, meski dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Bapak/Ibu masih bisa berusaha tapi memang ini tidak dalam kondisi normal," jelas Jokowi saat membagikan Bantuan Modal Kerja kepada pelaku usaha kecil dan mikro di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (8/1/2021).

Menurut dia, banyak negara-negara yang menerapkan lockdown untuk menekan penyebaran Covid-19. Misalnya, negara di Eropa sampai lockdown hingga 3 bulan.

"Kita ini kalau saya lihat alhamdulilah masih beruntung tidak sampai lockdown. Kalau di negara lain seperti Eropa tidak, 1-2 bulan, sampai 3 bulan," kata Jokowi.

"Bahkan 3 hari yang lalu di London, Inggris lockdown lagi. Tiga hari yang lalu di Bangkok lockdown, di Tokyo juga statusnya darurat," sambung dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Suntikan Dana

Jokowi memahami, pandemi Covid-19 membuat omset para pedangang kecil menurun drastis. Jokowi menyampaikan kondisi tersebut juga dialami oleh pelaku usaha menengah maupun besar, bahkan ada yang harus menutup usahanya.

Untuk itu, pemerintah memberikan bantuan Rp 2,4 juta kepada masing-masing pedagang kecil. Dia meminta agar uang tersbbut digunakan sebagai tambahan modal usaha.

"Saya harapkan dalam kondisi seperti ini tidak ada yang menyerah. Tapi harus tetap berusaha keras, bekerja keras agar bisa bertahan dalam kondisi yang sangat sulit ini," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • COVID