Sukses

Dongkrak Pemasaran, Ma'ruf Minta Pegiat Industri Perhatikan Desain Produk Kemasan

Menurut Ma'ruf, agar sebuah produk memiliki desain yang baik, serta mendorong kreativitas dalam menghasilkan desain menarik, diharapkan para perancang dan pelaku industri dapat melihat trend peluang di dalam dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan selain bisa meningkatkan nilai tambah dan daya saing, produk berkualitas juga mampu memperbesar peluang dan menguasai pasar global. Menurut dia, unsur penting lain yang perlu diperhatikan adalah desain produk dari kemasan itu sendiri. 

"Ini berperan penting dalam mendukung kesuksesan pemasaran sebuah produk, serta menjadikan sebuah komoditas yang memiliki nilai yang tinggi," ujar Ma'ruf Amin, pada acara Penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Indonesia Good Design Selection (IDGS) 2020 melalui daring, semalam, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Jumat (11/12/2020).

Ma'ruf menambahkan, agar sebuah produk memiliki desain yang baik, serta mendorong kreativitas dalam menghasilkan desain menarik, diharapkan para perancang dan pelaku industri dapat melihat trend peluang di dalam dan luar negeri.

"Manfaatkan peluang melalui konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis tetapi memiliki nilai tambah yang tinggi,” jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alami Penurunan Penjualan

Menurut catatannya, berdasarkan laporan Global Industrial Design Market Research tahun 2020, nilai pasar global untuk rancangan produk industri masih terbuka lebar. Pada 2019, nilai tersebut mencapai USD45 miliar dan diproyeksi akan mencapai USD65 miliar pada 2026. 

Kendati, berdasar survey Bank Dunia, kegiatan usaha yang memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran, mengalami penurunan penjualan lebih sedikit dibandingkan dengan yang melakukan pemasaran secara offline selama masa pandemi. 

"Saya  harap Kementerian Perindustrian dapat mendorong para pelaku industri, khususnya industri kecil dalam memanfaatkan teknologi digital. Baik dalam konteks pemasaran produk, maupun pemanfaatan teknologi digital untuk inovasi, terlebih di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," Ma'ruf menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.