Sukses

Jokowi: Kita Masih Tertinggal Negara Lain dalam Menangkap Peluang Ekspor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara lain dalam membaca peluang ekspor.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara lain dalam membaca peluang ekspor.

Hal ini disampaikannya, saat memberi sambutan dalam acara Pelepasan Ekspor ke Pasar Global 2020 secara virtual, Jumat (4/12/2020) dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

"Kita juga masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain dalam menangkap peluang ekspor," ujar Jokowi di Youtube Sekretariat Presiden.

Sebagai contoh, Indonesia yang merupakan produsen kopi terbesar nomor 4 di dunia pada 2019, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Namun, tercatat sebagai eksportir terbesar kopi yang ke-8 di dunia.

"Kalah dengan Brazil, Swiss, Jerman, Kolombia, bahkan oleh Vietnam," kata Jokowi.

Menurut dia, hal ini menunjukkan kinerja ekspor kopi Indonesia pada 2019 berada di bawah Vietnam yang mencapai USD 2,22 miliar. Sementara, Indonesia hanya USD 883,12 juta pada 2019.

Selain kopi, Jokowi turut menyoroti posisi Indonesia sebagai produsen garmen ke-8 dunia. Kenyataannya, Indonesia menjadi eksportir garmen ke-22 di dunia.

"Begitu pula dengan komoditi ekspor yang lain, kita juga masih tertinggal," kata Jokowi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertinggal di Bidang Lain

Jokowi menuturkan, Indonesia juga masuk ke jajaran produsen kayu ringan terbesar di dunia, termasuk jenis kayu sengon dan jabon. Kendati begitu, kinerja ekspor home decor Indonesia tak menggembirakan.

"Tapi menjadi eksportir home decor ke-19 terbesar di dunia. Bahkan kita kalah dengan Vietnam dan kita hanya di peringkat ke-21 terbesar dunia dalam ekspor produk furniture," jelas dia.

Jokowi mengungkapkan, ekspor produk ikan Indonesia saat ini masih di peringkat ke-13 dunia. Padahal, Indonesia dikenal sebagai produsen produk perikanan terbesar ke-2 dunia.

"Saya melihat ketertinggalan tidak harus membuat kita pesimis. Tidak ada jalan bagi kita selain melakukan langkah-langkah perbaikan, langkah-langkah pembenahan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

    ekspor