Sukses

RS Ummi soal Rizieq Shihab: Kami Tak Bertanggung Jawab jika Pasien Paksa Pulang

Rizieq Shihab telah pulang dari RS Ummi Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah pulang dari RS Ummi Bogor, Jawa Barat. Pihak rumah sakit angkat bicara mengenai hal ini.

Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Taat, mengatakan Rizieq Shihab dan keluarganya pulang atas permintaan sendiri.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan RS yang memulangkan," kata Andi dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Oleh karena itu, RS Ummi Bogor tidak bertanggung jawab jika terjadi pada pasien yang memaksa pulang tersebut. Rizieq Shihab dan keluarga juga telah bersedia mendatangani dokumen kepulangan atas permintaan sendiri.

"RS Ummi tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," jelas Andi.

Dia menuturkan, pihaknya sudah memberikan informasi kepada Rizieq Shihab dan keluarga bahwa hasil pemeriksaan belum keluar, sehingga disarankan untuk tidak meninggalkan rumah sakit. "Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," tutur Andi.

Adapun, Rizieq Shihab disebut meminta keluar dari RS Ummi Bogor pada Sabtu, 28 November 2020. "Pasien dan keluarga pada Sabtu (28/11/2020) malam menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri," kata Andi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Dalami

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Erdi A Chaniago, menyebut penyidik dari Polresta Bogor tengah mendalami kabar Rizieq Shihab yang disebut kabur dari RS Ummi Bogor, Jawa Barat, saat dirawat.

"Ini sedang didalami oleh Polresta Bogor, memang infonya seperti itu, bahwa pasien di RS Ummi itu (Rizieq Shihab) jam 21.00 WIB, Sabtu malam, keluar," kata Chaniago, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima, Rizieq Shihab diduga keluar melalui pintu belakang rumah sakit itu. Keluarnya Rizieq Shihab dari RS, kata Chaniago, tidak diketahui Satgas Penanganan Covid-19 Bogor.

"Dari Polresta Bogor sekarang sudah datang, melakukan penyelidikan," kata Chaniago soal kabar tentang Rizieq Shihab itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.