Sukses

Cegah Klaster Pilkada, Satgas Covid-19 Sebar 44.422 Duta Perubahan Perilaku

Dalam dua minggu ke depan, duta perubahan perilaku akan melakukan kampanye sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerjunkan 44.422 duta perubahan perilaku di tengah pandemi Covid-19. Mereka bertugas di sejumlah daerah berisiko tinggi terhadap virus corona yang menyelenggarakan Pilkada 2020.

Duta perubahan perilaku bertugas mengajak masyarakat melakukan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dengan strategi intervensi perilaku. 3M merupakan kunci mencegah penularan Covid-19. 

"Kami punya hari ini 44.422 orang duta perubahan perilaku. Dari jumlah itu, kami melakukan perkuatan pada daerah-daerah yang risiko tinggi (terhadap Covid-19)," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, dalam diskusi virtual, Kamis (26/11/2020).

Dalam dua minggu ke depan, duta perubahan perilaku akan melakukan kampanye sehat. Dalam kampanye tersebut, Satgas mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga tahapan Pilkada tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. 

"Kalau sampai Pilkada ini bersiko (terhadap Covid-19), wah bahaya," sambungnya. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.464 Desa Gelar Pilkades

Selain mengantisipasi muncul klaster baru pada Pilkada 2020, duta perubahan perilaku juga akan mengajak masyarakat mewaspadai penularan Covid-19 pada Pilkades. Pilkades akan digelar usai pelaksanaan Pilkada 2020. 

Ada 1.464 desa yang akan melaksanakan Pilkades di 19 kabupaten dari dari 27 provinsi.

"Setelah Pilkada ini selesai di Desember ada Pilkades. Wah itu kalau kita tidak antisipasi dengan baik wah bahaya," tandasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.