Sukses

Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC 2020 Secara Virtual

Jokowi hadiri KTT APEC 2020 secara virtual. Sebagai bagian dari bangsa Asia-Pasifik, Jokowi menyampaikan Indonesia membawa semangat ekonomi kebersamaan demi menangkal pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadiri KTT APEC 2020 secara virtual. Sebagai bagian dari bangsa Asia-Pasifik, Jokowi menyampaikan Indonesia membawa semangat ekonomi kebersamaan demi menangkal pandemi.

Indonesia akan menyuarakan pentingnya merajut kembali strategic trust untuk memperkuat fondasi kebersamaan ekonomi anggota APEC, menjelaskan langkah perlu dilakukan untuk memulihkan ekonomi global akibat pandemi.

Diketahui, pertemuan KTT APEC tahun 2020 ini mengangkat tema "Optimising Human Potential Towards a Resilient Future of Shared Prosperity: Pivot. Prioritise. Progress".

Berdasarkan siaran pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (20/11/2020), tema ini mencerminkan harapan akan ketahanan, kelincahan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di kawasan Asia-Pasifik melalui konsep kesejahteraan bersama selama pandemi Covid-19.

Diharapkan APEC 2020 dapat menyepakati visi APEC Pasca-2020 yang akan menentukan arah kerja APEC untuk 20 tahun mendatang.

Visi ini akan meneruskan visi Bogor Goals 1884 yang merupakan kerangka kerja sama APEC selama 26 tahun terakhir yang disepakati pada masa keketuaan Indonesia di KTT APEC 1994.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malaysia Sebagai Tuan Rumah

Sebagai informasi, KTT APEC 2020 dihelat pada Jumat malam, 20 November 2020 waktu Indonesia Bagian Barat. Virtual meeting ini diikuti Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Malaysia diketahui bertindak selaku tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC 2020.

Pada KTT APEC kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jaelani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (#APEC), adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar Pasifik.

    APEC

  • KTT APEC