Sukses

Penampakan Baliho Rizieq Shihab di Petamburan Diturunkan Prajurit TNI

Belakangan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman angkat bicara. Dengan tegas dia menyatakan, pencopotan baliho Rizieq Shihab adalah atas perintahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah baliho yang menampilkan wajah pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diturunkan paksa oleh sejumlah prajurit TNI. Peristiwa tersebut pun viral di media sosial.

Bagaimana tidak, dengan seragam loreng lengkap dengan rompi hitam, peristiwa tersebut menjadi hal yang tak biasa. Sebab, sejatinya penertiban baliho merupakan tugas Satpol PP.

Menjadi perbincangan hangat warga, belakangan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman angkat bicara. Dengan tegas dia menyatakan, pencopotan baliho Rizieq Shihab adalah atas perintahnya.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq itu perintah saya," tegas Pangdam di Monas, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Tak terkecuali FPI, Dudung mengatakan semua pihak yang memasang baliho harus mentaati aturan hukum yang berlaku.

Dia juga menyatakan, bahwa sebuah baliho tidak seharusnya menyerukan kata-kata yang berbau revolusi dan bisa menganggu persatuan dan kesatuan negara.

"Jangan coba coba pokoknya (tidak taat aturan). Kalau perlu FPI bubarkan saja itu. Bubarkan saja. Kalau coba-coba dengan TNI, mari," ujar Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Berikut sederet penampakan sejumlah anggota TNI yang tengah menurunkan paksa baliho Rizieq Shihab di sejumlah titik di kawasan Petamburan: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pencopotan paksa baliho raksasa bergambar Rizieq Shihab oleh sejumlah anggota TNI berseragam lengkap.

3 dari 10 halaman

Baliho Rizieq Shihab merupakan satu dari 10 reklame liar yang diamankan di kawasan Petamburan karena dianggap tak memiliki izin.

4 dari 10 halaman

Anggota TNI juga merobohkan tiang-tiang pancang baliho Rizieq Shihab yang terbuat dari bambu.

5 dari 10 halaman

Saat pencopotan baliho Rizieq Shihab tengah dilakukan, seorang warga meminta anggota TNI untuk tidak mencopot paksa baliho Rizieq yang terpasang.

6 dari 10 halaman

Warga berkaus merah dengan kopiah itu nampak terus bertahan dan meminta anggota TNI tidak menurunkan baliho Rizieq Shihab.

7 dari 10 halaman

Sang bapak bahkan sampai duduk di aspal jalan dan hanya bisa pasrah saat baliho Rizieq Shihab diturunkan paksa.

8 dari 10 halaman

Nampak anggota TNI mendekati sang bapak dan mencoba menjelaskan mengapa baliho bergambar Rizieq Shihab dicopot..

9 dari 10 halaman

Beberapa kendaraan ikut diturunkan dalam operasi penertiban baliho di wilayah Jakarta Pusat, antara lain empat panser anoa serta puluhan motor yang dikendarai petugas dari TNI dan Brimob Polri

10 dari 10 halaman

Tak cuma di pinggir jalan, baliho Rizieq Shihab yang ada di atas jembatan penyeberangan tak luput dari penertiban anggota TNI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.