Sukses

Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Terduga Teroris di Sentul Bogor

Terduga teroris yang ditangkap merupakan kepala iqtishot bithonah dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Liputan6.com, Jakarta - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris di kawasan Sentul, Bogor, Jakarta Barat. Dia merupakan kepala iqtishot bithonah dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, terduga teroris yang ditangkap berinsi AYR (42).

"Betul tadi pukul 08.00 WIB (ditangkap)," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2020).

Menurut Awi, iqtishot bithonah adalah sub bidang di dalam struktur kelompok JI yang berisi kumpulan para pengusaha. Mereka berperan sebagai salah satu donatur atau sumber pendanaan organisasi.

"Di mana dana yang terkumpul tersebut salah satunya digunakan untuk membiayai pengiriman sekitar 80 orang anggota JI ke Suriah untuk mengikuti pelatihan militer," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Masuk Kelompok Anti-Syiah

Selain itu, AYR pernah menjabat sebagai sekertaris 3 di Organisasi Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Bogor tahun 2015. Dia juga diketahui mengikuti pertemuan kelompok JI.

"Nomornya pernah ter-cover berada di pertemuan JI tanggal 22 September 2018 di Ruko Bizpark daerah Kopo, Bandung," Awi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.