Sukses

Dilantik Jadi Dubes RI di Bulgaria, Iwan Bogananta Fokus pada Peningkatan Perdagangan

Menurut Iwan, ada banyak improvisasi diplomasi yang akan dilakukannya dalam rangka menyesuaikan kondisi pandemi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi baru saja melantik 12 duta besar Indonesia yang akan bertugas di sejumlah negara sahabat.

Salah satu yang dilantik yaitu Iwan Bogananta, yang dtugaskan menjadi Duta Besar RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Macedonia yang berkedudukan di Sofia.

Usai dilantik, Iwan berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja sebaik baiknya penuh tanggung jawab demi bang dan negara. Iwan Bogananta juga menyampaikan komitmen untuk menjalin hubungan baik dengan Macedonia termasuk peningkatan investasi dan pertukaran budaya antar negara.

'Hubungan Indonesia dengan ketiga negara sudah terjalin baik, saya akan melanjutkan beberapa agenda bilateral dari dubes sebelumnya dan menjalankan program kerja saya yang baru di Sofia nanti, Insyaallah berfokus pada peningkatan perdagangan kita dengan tiga negara,” ucap Iwan di Jakarta, Selasa (26/10/2020). 

Menurut Iwan, ada banyak improvisasi diplomasi yang akan dilakukannya dalam rangka menyesuaikan kondisi pandemi dunia.

"Karena di Bulgaria sendiri juga masih dalam masa transisi lockdown, begitupun di Albania dan Makedonia Utara," ucap dia. 

Presiden Jokowi telah melantik sejumlah duta besar luar biasa dan berkekuatan penuh (LBPP) baru di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/10). Para calon duta besar tersebut merupakan orang-orang yang telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR beberapa waktu yang lalu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 12 Duber RI yang Dilantik

Para dubes yang dilantik tertib mengenakan masker, face shield, dan menjaga jarak satu dengan lainnya. Pelantikan 12 dubes LBBP RI ini didasari Keputusan Presiden Nomor 106/P/2020 tentang pengangkatan dubes LBBP RI.

Dalam pelantikan tersebut hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Berikut nama-nama 12 Duta Besar yang dilantik Jokowi:

 

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Mali, Republik Gambia, Republik Guinea Bissau, Republik Sierra Leone, Republik Cote D'lvoire, Republik Gabon dan Republik Demokratik Kongo, berkedudukan di Dakar.

 

2. Roem Kono. Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

 

3. Dewi Savitri Wahab. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

 

4. Nana Yuliana. Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.

 

5. Heri Akhmadi. Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

 

6. Elmar Iwan Lubis. Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

 

7. Iwan Bogananta. Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan republik Mekedonia, berkedudukan di Sofia.

 

8. Jose Antonio Morato Tavares. Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, berkedudukan di Moskow.

 

9. Desra Percaya. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

 

10. Chalief Akbar Tjandraningrat. Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

 

11. Lutfi Rauf. Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

 

12. Rachmat Budiman. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP berkedudukan di Bangkok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.