Sukses

BMKG Prediksi DKI Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir pada 18 - 24 Oktober

Masyarakat juga diimbau selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat di DKI Jakarta. BMKG memperkirakan mulai Minggu 18 Oktober hingga Sabtu 24 Oktober 2020 DKI Jakarta akan diguyur hujan lebat yang disertai kilat/ petir dan angin kencang.

"Kami memprakirakan dalam sepekan ke depan (18-24 Oktober 2020) akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto berdasarkan keterangan resminya, Minggu (18/10).

Masyarakat juga diimbau selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Guswanto menjelaskan, potensi hujan lebat tersebut diakibatkan oleh fenomena La Nina yang sedang terjadi di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang.

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer, suhu permukaan laut mencapai angka minus 0.5 derajat celcius hingga minus 1.5 derajat celcius selama 7 dasarian atau 70 hari terakhir.

"Diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran, yang merepresentasikan penguatan angin pasat," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Seragam

Selanjutnya, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini kata Guswanto, berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Namun, curah hujannya tidak seragam. Baik secara spasial maupun temporal.

"curah hujannya bergantung pada musim atau bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina itu sendiri," kata Guswanto

Dia menambahkan, selain pengaruh sirkulasi angin muson dan anomali iklim di Samudera Pasifik, penguatan curah hujan di Indonesia juga dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang Madden Julian Oscillation (MJO) dan Kelvin.

"Atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby. Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia, yang merupakan kumpulan awan berpotensi hujan," katanya.

Dia mengatakan, aktivitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan dapat berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.