Sukses

Rugi Rp 45 Miliar, Transjakarta Kecam Aksi Pendemo yang Merusak Halte

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk kembali membangun halte modern di Bundaran HI.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo menyatakan bahwa PT Transjakarta mengecam keras aksi pendemo yang merusak fasilitas umum, termasuk Halte Transjakarta Bundaran HI yang terintegrasi dengan Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Estimasi kerugian yang dialami Transjakarta setidaknya sekitar Rp 45 Miliar. Sejauh ini, pihaknya belum mengetahui total kerugian dari kerusakan tersebut.

"Transjakarta sangat menyayangkan dan mengecam keras aksi halte-halte dan fasilitas warga, utamanya Bundaran HI. Estimasi kerugian yang dialami Transjakarta sejauh ini sekitar Rp 45 miliar," ujar Nadia berdasarkan keterangan resminya, Kamis malam (8/10/2020).

Nadia sangat meyayangkan hal ini. Sebab, kata dia, Halte Bundaran HI sendiri baru diresmikan pada 25 Maret 2019 dan menjadi halte modern terintegrasi dengan Stasiun MRT. Butuh waktu yang cukup lama lagi untuk bisa memperbaiki halte modern yang dibakar itu.

"Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk kembali membangun halte modern ini," ujarnya.

Selain itu, layanan operasional esok hari juga belum bisa dipastikan ada atau tidak. Hal ini dikarenakan PT Transjakarta masih meninjau situasi kondisi di lapangan pasca pengrusakan. Pasalnya, bukan hanya Halte Bundaran HI saja yang dibakar, pantauan Nadia hingga pukul 20.30 WIB diketahui sebanyak 18 halte Transjakarta dirusak.

"18 halte Transjakarta dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dengan adanya perusakan ini. Tidak hanya warga yang akan kesulitan melakukan transit, untuk layanan operasional esok hari kami masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi di lapangan," kata dia.

Dia menambahkan, seharusnya masyarakat bisa berdemonstrasi dengan baik, tidak merusak fasilitas publik dan menjaga seluruh fasilitas publik bersama-sama.

"Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan salah satu fasilitas yang dinimakti seluruh warga Indonesia yang seharusnya dijaga bersama-sama,"

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Halte yang Mengalami Kerusakan

Halte yang dibakar dan perusakan:

1. Bundaran HI (Kor 1)

2. Sarinah (Kor 1)

3. Tosari Baru (Kor 1)

4. Tosari Lama (Kor 1)

5. Karet Sudirman (Kor 1)

6. Sentral Senen (Kor 5)

7. Senen arah P Gadung (Kor 2)

8. Senen arah HCB (Kor 2)

 

9. HCB (Kor 1)

10. BI (Kor 1)

11. Gambir 1 (Kor 2)

12. Sumber Waras (Kor 3)

13. Grogol 1 (Kor 3)

14. Dukuh Atas 1 (Kor 1)

15.Petojo (Kor 8)

16. Benhil (Kor 1)

17. Rs Tarakan (Kor 8)

18. Kwitang (Kor 2)

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.