Sukses

Anies Sebut Ada 100 RS Rujukan untuk Pasien Covid-19 di Jakarta

Anies menyebut saat ini Pemprov DKI juga telah menyediakan tiga tempat isolasi mandiri. Selain ada pula sejumlah hotel yang telah ditunjuk pemerintah pusat untuk isolasi secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut saat ini ada sejumlah penambahan rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota untuk menangani pasien positif virus corona atau Covid-19. Dia menyatakan RS rujukan difokuskan untuk menangani pasien Covid-19 yang bergejala sedang atau berat dan perlu perawatan. 

"Sekarang ada tambahan rumah sakit sehingga kita saat ini ada 100 rumah sakit rujukan yang bisa digunakan," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020).

Kendati begitu Anies tidak menyebutkan secara detail penambahan RS tersebut. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyatakan untuk pasien yang berstatus tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri di rumah ataupun di fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. 

Anies menyebut saat ini Pemprov DKI juga telah menyediakan tiga tempat isolasi mandiri. Selain ada pula sejumlah hotel yang telah ditunjuk pemerintah pusat untuk isolasi secara gratis. 

"(Pasien OTG) ditempatkan di fasilitas (pemerintah) ada Wisma Atlet dan kemudian juga ada tempat-tempat lain yang sudah disiapkan. Di Jakarta ada 3 tambahan tempat dan juga ada hotel. Ini yang untuk terkendali," ucapnya. 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan 67 RS rujukan Covid-19 yang tersebar di lima kota administrasi. Bahkan sebanyak 13 RSUD di Ibu Kota juga dikhususkan untuk pasien Covid-19. Sementara itu, untuk menambah tempat tidur isolasi pemerintah pusat telah berkolaborasi dengan dua hotel di Jakarta yang dapat digunakan masyarakat secara gratis. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Jakarta Barat dan Jakarta Utara

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani menyatakan kedua hotel tersebut berlokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara dan sudah mulai menerima pasien pada Minggu (27/9/2020).

"Saat ini sudah dibuka dua hotel yaitu Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar. Memang biayanya ditanggung pemerintah pusat," kata Fify dalam video Youtube BNPB, Senin (28/9/2020).

Dia menjelaskan kedua hotel tersebut memiliki kapasitas tempat tidur yang berbeda. Untuk Hotel Ibis mampu menampung 212 pasien dan hanya menampung warga wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

"Untuk kapasitas 140 (pasien) itu untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.