Sukses

Termasuk Kota Bekasi, 28 Daerah Ini Berhasil Keluar dari Zona Merah Corona

Wiku juga menyebut ada 29 kabupaten/kota yang juga berhasil keluar dari zona oranye ke zona kuning atau risiko rendah penularan Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada 28 kabupaten/kota yang berhasil menurunkan wilayahnya dari zona merah menjadi zona oranye. Salah satunya Kota Bekasi di Jawa Barat.

"28 kabupaten/kota yang telah berhasil menurunkan risiko dari zona merah menjadi zona oranye," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Adapun zona merah merupakan daerah risiko tinggi penularan corona. Sementara zona oranye berarti daerah dengan risiko sedang penularan Covid-19.

28 daerah tersebut antara lain:

Aceh

1. Aceh Selatan

2. Simelue

3. Kota Banda Aceh

Sumatera Utara

1. Deli Serdang

2. Kota Medan

3. Kota Tebing Tinggi

Sumatera Barat

1. Bukittinggi

Riau

1. Pelalawan

Sumatera Selatan

1. Lahat

Kepualauan Riau

1. Batam

Jawa Barat

1. Karawang

2. Kota Bekasi

Jawa Tengah

1. Rembang

Jawa Timur

1. Probolinggo

2. Mojokerto

3. Sumenep

4. Kota Malang

5. Kota Batu

Bali

1. Tabanan

Kalimantan Tengah

1. Kotawaringin Timur

2. Barito Selatan

3. Barito Utara

4. Barito Timur

Kalimantan Selatan

1. Kotabaru

2. Balangan

Sulawesi Selatan

1. Kepulauan Selayar

Gorontalo

1. Bone Bolango

Papua Barat

1.Teluk Bintuni

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Oranye ke Kuning

Selain itu, Wiku juga menyebut ada 29 kabupaten/kota yang juga berhasil keluar dari zona oranye ke zona kuning atau risiko rendah penularan Corona. Menurut dia, ada 10 kabupaten/kota yang telah diingatkan pada pekan lalu untuk menurunkan zonasi dari oranye ke kuning. Namun, hanya 2 daerah yang berhasil.

"Kami apresiasi kepada Puncak Jaya di Papua dan Lampung Utara yang berhasil menekan risiko penularannya," ujar dia.

Ke-29 daerah itu yakni, Aceh Timur, Nias Barat, Kota Pagar Alam, Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Timur, Pesawaran, Seluma, Sukabumi, Sumedang, Subang, Banjarnegara, Malang, Bojonegoro, Lombok Utara, Flores Timur, Ende, Manggarai (NTT), Manggarai Barat, Sintang, Takalar, Bone, Wakatobi, Mamuju Utara, Jayawijaya, Puncak Jaya, dan Boven Digoel.

Wiku menuturkan ada delapan kabupaten/kota yang dari pekan lalu belum berhasil berubah status dari zona oranye ke kuning. Delapan daerah itu adalah Mebrat (Papua Barat), Halmahera Barat (Maluku Utara), Bulukumba (Sulawesi Selatan), Minahasa Tenggara (Sulawesi Utara), Sukamara (Kalimantan Tengah), Nias Utara (Sumatera Utara), Yalimo (Papua), serta Sinjai (Sulawesi Selatan).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.