Sukses

6 Pedagang Terkonfirmasi Covid-19, Pasar Ciplak di Karet Kuningan Ditutup

Lurah Karet Kuningan Endang Effendi menyebutkan, penutupan pasar dimulai Senin kemarin hingga Rabu 30 September besok.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas Pasar Ciplak di Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan ditutup sementara selama tiga hari menyusul ditemukannya enam orang pedagang terkonfirmasi positif Covid-19.

Lurah Karet Kuningan Endang Effendi menyebutkan, penutupan pasar dimulai Senin kemarin hingga Rabu 30 September besok.

"Selama ditutup kita laksanakan sterilisasi penyemprotan disinfektan tiga hari berturut-turut," kata Endang Effendi di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Endang menyebutkan, keputusan menutup aktivitas Pasar Ciplak dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan ada warganya yang terpapar Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Warga tersebut merupakan pedagang yang sehari-hari biasa berjualan di pasar kaget Pasar Ciplak.

"Jadi kabar dari Dinas Kesehatan langsung ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas Kecamatan, makanya kita langsung lakukan penutupan sementara," ujar Effendi seperti dikutip Antara.

Effendi menyebutkan, penyemprotan disinfektan tidak hanya dilakukan di Pasar Ciplak, tapi juga permukiman warga yang berada di sekitar pasar yakni RW 02 dan RW 04.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Penutupan Pasar

Penutupan aktivitas pasar akibat pedagang terpapar Covid-19 menjadi salah satu langkah untuk mencegah klaster penularan virus SARS-CoV-2 di pasar. Langkah ini telah dilakukan di sejumlah pasar yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

Sejumlah pasar yang pernah ditutup sementara selama tiga hari mulai dari bulan Juni 2020, yakni Pasar Kebayoran Lama, Pasar Minggu, Pasar Pondok Labu dan Pasar Mayestik tercatat dua kali penutupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.