Sukses

Pemprov DKI Tambah Kapasitas Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menambah kapasitas tempat tidur di ruang isolasi dan di ruang intensive care unit (ICU) pasien Covid-19

"Ini rencana akan ditambah ruang isolasi 94 bed lagi, ICU akan ditambah 2," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI, Fify Mulyani dalam diskusi yang diadakan BNPB, Senin (28/9).

Selain itu, Pemprov DKI juga tengah mempersiapkan rumah sakit rujukan lainnya dengan total tempat tidur sebanyak 581.

"Penambahan kapasitas rujukan baru sedang berproses, 553 isolasi dan 28 ICU," ujar dia.

Ia menuturkan, saat ini ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan DKI sebanyak 4.824 unit di ruang isolasi dan 725 unit di ICU. Ia mengatakan, Pemprov DKI terus menambah kapasitas tempat tidur sebagai bentuk antisipasi peningkatan pasien yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Terlebih lagi, sebanyak 40 persen pasien positif Covid-19 memiliki gejala sedang, dan 15 persen gejala berat hingga kritis. Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) sebesar 45 persen.

"Secara rata-rata sampai saat ini, angka OTG itu berkisar di angka 45 persen dan ini mungkin menjadi PR kita saat ini. Kemudian 55 persen itu artinya sekitar 40 persen itu gejala sedang, 15 persen itu gejala berat dan kritis," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Tambah 725 Unit Tempat Tidur

Secara terpisah, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyatakan DKI Jakarta ada penambahan 725 unit tempat tidur untuk ruang ICU RS Covid-19 di DKI Jakarta dan akan ada tambahan 34 unit lagi.

"Dari jumlah itu sudah terisi pasien 521 unit. Sisanya masih ada 204 ranjang yang kosong tetapi kita harapkan pasien tidak bertambah lagi," kata Doni.

Sedangkan untuk ruang isolasi yang tersebar di seluruh RS rujukan di DKI Jakarta jumlahnya ada 4.824 tempat tidur dan sudah terisi 3.874 tempat tidur, sisanya kosong 1.040 tempat tidur. 

Reporter : Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: