Sukses

BPBD DKI Sebut Tinggi Muka Air Masih Aman, Namun Tetap Harus Waspada

BPBD DKI Jakarta menyebutkan bahwa tinggi muka air di pos pantau aliran sungai dari kawasan Bogor ke Jakarta masih aman, namun masyarakat harus tetap waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan bahwa tinggi muka air di pos pantau aliran sungai dari kawasan Bogor ke Jakarta masih aman, namun masyarakat harus tetap waspada.

"Saat ini, tinggi muka air masih aman, yang perlu diantisipasi adalah apabila cuaca hujan dengan intensitas berat adalah masyarakat yang berada di sekitar aliran Sungai Ciliwung," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Mohammad Insyaf di Jakarta, Sabtu (26/9/2020), seperti dikutip dari Antara.

Dari data yang diberikan oleh Insyaf, saat ini status ketinggian muka air hampir semuanya Siaga 4 atau Normal. Bendung Katulampa setinggi 10 cm dengan cuaca mendung, Depok setinggi 70 cm, Manggarai setinggi 570 cm dan Karet setinggi 260 cm, ketiga wilayah tersebut terpantau cuaca terang.

Sedangkan tinggi muka air di Krukut Hulu adalah 10 cm dengan cuaca terang, Pesanggrahan setinggi 50 cm tetapi mendung, Angke Hulu setinggi 40, Cipinang Hulu setinggi 75 cm, Sunter Hulu setinggi 50 cm dan Waduk Pluit setinggi -185 cm dengan cuaca terang.

Hanya pos pantau Pasar Ikan yang berstatus Siaga 2 dengan tinggi muka air 212 sentimeter (cm) dan cuaca saat ini terang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Hujan

Wilayah Bogor dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan sedang hingga lebat pada Sabtu petang hingga malam hari.

Data yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah yang diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Sukaraja, Leuwiliang, Pamijahan, Nanggung, Caringin, Sukajaya, Cigombong dan sekitarnya.

Hujan tersebut juga diprediksi dapat meluas ke wilayah lainnya, yakni Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Ciampea, Cibungbulang, Jasinga, Cigudeg, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Klapanunggal, Tanjungsari, Leuwisadeng dan Tenjolaya.

Kemudian di Kota Bogor, yakni Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal dan sekitarnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.