Sukses

The Green Hotel Bekasi Siapkan 90 Kamar Isolasi Pasien Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - The Green Hotel bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dalam penyediaan ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Pihak manajemen hotel dikabarkan telah menyiapkan 90 kamar dengan sekitar 150 bed pasien.

"Sudah disiapkan 90 kamar, yang single bed, double bed. Di setiap lantai ada 18 kamar. Kalau dimungkinkan satu kamar dua orang, maka kapasitas akan lebih besar," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen, Kamis (24/9/2020).

Selain ruang isolasi, disediakan pula ruangan untuk tenaga medis serta ruang Unit Gawat Darurat (UGD) di lantai dasar. Ruangan tim medis akan ada di setiap lantai dan dibuat dengan cara disekat.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh pelaksanaan metode isolasi mandiri yang diperintahkan BNPB," ucap Pepen.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bekasi itu menegaskan, saat ini baru The Green Hotel yang menyatakan kesediaan memfasilitasi ruang isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan.

"Di samping kita menggunakan aset daerah termasuk stadion, yang sudah berkenan juga pihak hotel (The Green Hotel)," ujarnya.

Pepen mengakui, Pemkot Bekasi akan selalu berupaya memenuhi kebutuhan ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Terlebih di tengah lonjakan kasus positif yang masih terjadi di hampir seluruh wilayah Kota Bekasi.

"Bahkan kalau hotel penuh, kita masih punya tempat di Asrama Haji, Insyaallah itu semua sudah kami pikirkan," ungkapnya.

Wali Kota Bekasi berharap dengan tersedianya ruang isolasi yang memadai, bisa menekan laju penyebaran virus Covid-19. Ia juga mengingatkan masyarakat agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

 

2 dari 3 halaman

Tunggu Izin Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi

Sementara General Manager The Green Hotel Bekasi, Asep Hermawan mengatakan, pihaknya masih menunggu persetujuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi, terkait ajuan penyediaan fasilitas ruang isolasi.

"Kami belum beroperasi, karena baru mengajukan dan belum disetujui oleh Pemkot Bekasi atau gugus tugas," ujar Asep.

Namun demikian, ia menegaskan ruang isolasi hotel hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan maupun tanpa gejala (OTG).

"Bagi pasien dengan penyakit bawaan atau gejala berat, kami tidak menerima," tegasnya.

Asep menjelaskan, Green Hotel sebelumnya juga pernah menyediakan ruang isolasi pasien OTG, pada Juli 2020. Kala itu pihak hotel menyiapkan 50 kamar untuk isolasi mandiri para karyawan sebuah perusahaan di Bekasi.

"Karena alasan itu pula, kita siap jika di sini dijadikan sebagai ruang isolasi," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: