Sukses

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, Pemkab Bekasi Siapkan Kamar Hotel

Saat ini ada tiga hotel di wilayah Cikarang yang bersedia bekerjasama dan tengah dipersiapkan untuk keperluan pasien isolasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyiapkan hotel bintang tiga sebagai ruang isolasi mandiri pasien Covid-19. Hal ini menyusul penuhnya ruang isolasi yang selama ini disediakan Pemkab Bekasi di dua lokasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, ruang isolasi yang berada di Wisma President University Jababeka dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Cikarang Utara, saat ini sudah terisi penuh.

Oleh karena itu Pemkab Bekasi memilih hotel bintang tiga sebagai ruang isolasi terpusat yang bisa digunakan untuk menampung para pasien Covid-19. Hal ini sekaligus mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang angkanya masih cenderung tinggi.

"Ada 105 tempat tidur di dua tempat isolasi yang saat ini sudah penuh. Makanya kita siapkan hotel," kata Alamsyah, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, saat ini ada tiga hotel di wilayah Cikarang yang bersedia bekerjasama dan tengah dipersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan pasien isolasi.

"Tiga hotel dengan total kapasitas 300 tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19. Ini sedang proses," ujarnya.

Alamsyah menegaskan, ruang isolasi hotel hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan maupun tanpa gejala (OTG). Bagi pasien yang rumahnya tidak mendukung untuk isolasi mandiri, dapat melakukan isolasi di hotel yang sudah disiapkan.

"Kita mencegah terjadinya kontak erat di lingkungan keluarga dan tempat tinggal," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengimbau Terapkan 3M

Pihaknya juga tak segan mengimbau mengimbau kepada masyarakat agar selalu mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

"Selalu terapkan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.