Sukses

Polisi Temukan Tanaman Ganja di Tengah Kebun Kopi di Bengkulu

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Narkoba Polda Bengkulu menemukan sebuah perkebunan kopi yang diselipkan dengan tanaman ganja. Polisi masih memburu pemilik lahan.

Kabid Humas Kombes Pol Sudarno menerangkan, lokasi lahan berada di Desa Lubuk Alai Talang Palembang Kecil Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong.

Kasubdit III Dit Reserse Narkoba Kompol Manogi Simare-mare mendatangi lokasi tersebut pada Kamis 17 September 2020.

"Luas lahannya sekitar dua hektare. Nah ini sebetulnya perkebunan kopi tapi oleh pemilik diselingi tanaman ganja," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Sudarno menduga, pelaku sengaja memilih lokasi ini sebagai tempat menanam ganja. Menurut dia, medannya sangat berat dan jaraknya juga cukup jauh dari permukiman warga.

"Butuh waktu tempuh berjalan kaki sekitar 7 jam," ucap Sudarno.

2 dari 3 halaman

Sita 1.500 Tanaman Ganja dan 250 Kg Ganja Kering

Sudarno mengatakan, dalam kasus ini, penyidik menyita tanaman ganja sebanyak 1.500 batang dan 250 Kilogram ganja kering siap edar saat menyisir di sekitar pondok kebun yang menjadi lokasi penanaman ganja.

"Kami temukan juga 1 kaleng yang berisi biji yang diduga bibit ganja," ujar dia.

Sudarno menyampaikan, penyidik masih terus mendalami penemuan ladang ganja tersebut. Selain itu, mengejar pemilik lahan yang identitasnya sudah terindentifikasi.

"Pemilik sudah teridentifikasi tetapi masih proses lidik keberadaannya, sekarang karena pada saat anggota sampai Tempat Kejadian Perkara (TKP) pemilik sudah kabur," ujar Sudarno.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: