Sukses

Satgas: 55 Persen Kasus Positif Covid-19 Didominasi Usia 19 hingga 45 Tahun

Wiku meminta agar masyarakat yang termasuk kelompok usia produktif disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kasus virus Corona atau Covid-19 di tanah air didominasi usia produktif. Kelompok ini pada rentang usia 19 hingga 45 tahun.

"Jumlah kasus positif di Indonesia didominasi usia 19 sampai 45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, kelompok usia produktif memiliki mobilitas dan aktivitas yang cukup tinggi di luar rumah. Hal ini membuat mereka menjadi carrier atau pembawa virus kepada keluarga dan kelompok usia rentan terpapar Covid-19.

"Kelompok usia produktif dengan mobilitas yang relatif tinggi dan frekuensi interaksi sosial juga tinggi berpotensi menjadikan mereka sebagai carrier yang dapat menularkan Covid-19 kepada keluarganya, kerabatnya ataupun kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," jelas Wiku.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat yang termasuk kelompok usia produktif disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan saat bekerja atau berada di luar rumah

"Bila tiba di rumah harus betul-betul membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan," ucap Wiku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Stamina

Selain itu, dia mengingatkan masyarakat usia produktif menjaga stamina tubuh agar tidak tertular virus corona. Misalnya, dengan berolahraga hingga mengonsumsi vitamin.

"Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat menjalani kegiatan di luar rumah dan selalu menjaga anggota keluarga terutama usia rentan agar tidak tertular," tutur Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.