Sukses

Kemenkominfo Beri Pelatihan Anak Muda Papua-Maluku Atasi Cyberbullying dan Jadi Pengguna Media Sosial Bijak

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) beri pelatihan anak muda Papua-Maluku terhadap media digital atau media sosial yang dikenal dekat dengan keseharian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengadakan pertunjukan offline berisikan pelatihan Literasi Digital sektor pendidikan.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi di jenjang anak-anak dan remaja timur Indonesia khususnya Papua-Maluku terhadap media digital atau media sosial yang dikenal dekat dengan keseharian masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan pada Kamis (25/5/2023) secara langsung dari Plataran Aula Bupati Kabupaten Buru-Maluku. Acara yang berjalan kurang lebih selama 2 jam, dari pukul 10.00-12.00 WIT itu terdiri dari 2 talkshow dengan tema masing-masing, yakni 'Cyberbullying: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menghentikannya?'.

Narasumber pertama yaitu Pegiat Literasi Digital Alim Syariati yang juga merupakan peneliti isu-isu berkaitan dengan komunikasi dan digitalisasi pada anak muda.

"Cyberbulliying, atau perundungan dunia maya, melakukan perilaku agresif dan bertujuan yang dilakukan oleh suatu kelompok atau individu, menggunakan media elektronik secara berulang-ulang dari waktu ke waktu. Terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut," ujar Alim yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Kamis (25/5/2023).

Kemudian menurut dia, untuk mengatasi cyberbulliying di dunia maya atau media sosial (medsos), ada beberapa hal yang patut dilakukan.

"Antara lain kita harus cakap digital, yang mana kita paham dasar digital, paham dasar dalam memilah, mencari, dalam menggunakan media digital. Setelahnya, manfaatkan fitur digital dengan aman. Dengan memposting hal-hal menarik dan positif berkaitan dengan prestasi dan pencapaian," papar Alim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Pengguna Media Sosial yang Bijak

Talk show pertama kemudian ditutup dengan pertanyaan dari para peserta yang hadir memenuhi Plataran Aula Bupati Buru dan penampilan stand up comedy Fild Maswekan.

Setelahnya dilanjutkan dengan talkshow kedua bertemakan tentang 'Menjadi Pengguna Media Sosial yang Bijak, Kreatif, dan Inovatif'.

Pegiat Literasi Deddy Triawan memberikan materi dari sudut pandang kecakapan.

"Dari 24 jam yang kita miliki seharian, data menunjukan bahwa generasi muda saat ini menggunakan waktunya lebih dari 8 jam untuk media sosial. Beragam hal dilakukan, dari mencari informasi sampai berbagi prestasi dan pencapaian diri tentunya," ucap Deddy

"Untuk itu, ada beberapa tips untuk tetap produktif di media sosial. Antara lain dengan cara yaitu mencari ide dan inspirasi yang sesuai dengan karakter kita sendiri, menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar, dan menyebarkan informasi yang positif," jelas Deddy.

 

3 dari 4 halaman

Workshop Literasi Digital Akan Terus Berlanjut

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang gimmick dan pembagian hadiah berupa uang elektronik pada peserta yang beruntung.

Selanjutnya akan diteruskan dengan Workshop Literasi Digital Berikutnya dilain hari dengan beragam tema yang tentu sangat akrab dengan kehidupan dan keseharian netizen asyik, diisi oleh para penggiat literasi yang sudah terpercaya dan berbakat di bidangnya.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya! Netizen Asyik bisa dapatkan informasi mengenai pendaftaran dan registrasi Workshop Literasi Digital daerah Papua dan Maluku di media sosial instagram @terasmaluku dan @seputarpapua.

Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Ada pun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo.

 

4 dari 4 halaman

Status Literasi Digital Indonesia

Sebelumnya, status literasi digital di Indonesia pada 2022 mengalami kenaikan menjadi 3,54 yang termasuk dalam kategori "sedang", yang menunjukkan masih banyak ruang untuk peningkatan.

Dalam merespons kondisi tersebut, Kemenkominfo melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aptika menyelenggarakan Program Literasi Digital Nasional dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Dirjen Aptika Samuel Abrijani Pangerapan menyampaikan tujuan diadakannya Workshop Literasi Digital.

"Workshop diadakan dengan empat pilar adalah sebagai kurikulum literasi media digital yang mampu menjadi bekal bagi masyarakat khususnya warga indonesia timur Papua dan Maluku," kata Samuel.

Diteruskan dengan sambutan oleh Pejabat Daerah Buru yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kemenkominfo dan Siberkreasi atas diadakannya Workshop Literasi Digital dengan empat pilar untuk daerah Maluku dan Sekitarnya.

"Adanya workshop Literasi Digital di daerah Maluku Tengah, membantu anak-anak muda di daerah kami, perlu paham fakta-fakta sederhana di dunia digital agar lebih waspada dan lebih luas perkembangan mereka," jelas Pejabat Daerah Buru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.