Sukses

Sandiaga Sebut UMKM Perlahan Mulai Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Gerindra yang juga pengusaha muda, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, meski ekonomi rakyat, khususnya UMKM terdampak Covid-19 kini perlahan mulai bangkit kembali.

Hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi UMKM pabrik tahu di Desa Grabang, Magelang, Sabtu (15/8/2020).

"Inilah makna kunjungan saya ke pabrik tahu untuk melihat dengan kepala sendiri keadaan ekonomi UMKM. Alhamdulillah mulai bangkit kembali setelah melalui titik terendah. Sekarang mulai bangkit kembali," kata Sandiaga.

Meski demikian, dia menyadari bahwa semua pihak ingin segera pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Menurut Sandiaga, jika Covid-19 berakhir, maka semuanya bisa kembali hidup normal seperti sedia kala.

"Harapannya sama kita semua, pandemi segera berakhir, ekonomi bergerak. Lapangan kerja terbuka kembali, biaya hidup tidak terbebani," ungkap Sandiaga.

 

2 dari 3 halaman

UMKM Punya Pengaruh Besar

Sandiaga menuturkan, UMKM ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Menurutnya, UMKM bisa menyumbang hampir 60 persen perekonomian nasional.

"60 persen dari PDB (produk domestik bruto) kita dari usaha-usaha rumahan seperti ini," kata Sandiaga.

Karena itu, dalam keadaan seperti ini, semuanya harus saling membantu, dan bersinergi memperkuat kolaborasi sehingga keberadaan UMKM bisa bertahan. Kemudian, program dari pemerintah harus disalurkan dengan cepat dan tepat sehingga meningkatkan daya beli di masyarakat.

"Ya tentunya kita harus saling bahu membahu, bersatu, bersinergi memperkuat kolaborasi," jelas Sandiaga.

"Ribuan UMKM yang ada di Kecamatan Grabag ini bisa bertahan dan mudah-mudahan bisa bangkit kembali. Program yang sudah mulai terasa, adalah program bantuan masyarakat seperti bantuan langsung tunai, itu meningkatkan daya beli. Itu harus dipercepat realisasinya, kecepatan dan ketepatan dari pada program-program," tutup dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: