Sukses

Penting, Peserta Lulus SBMPTN 2020 Harus Perhatikan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah dilakukan mulai pukul 15.00 WIB, Jumat (14/8/2020).

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih meminta peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 untuk melihat laman resmi masing-masing perguruan tinggi.

Hal ini karena LTMPT sudah tidak akan menginformasikan mengenai registrasi lanjutan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus. Informasi registrasi akan dikabarkan oleh masing-masing perguruan tinggi.

"Karena masing-masing PTN mempunyai peraturannya sendiri-sendiri, mempunyai UKT (uang kuliah tunggal)-nya sendiri-sendiri dan juga mempunyai persyaratannya sendiri-sendiri. Sehingga kejelian untuk mengikuti itu sangat menentukan," ucap dia dalam konferensi pers, Jumat (14/8/2020).

Pihaknya tidak ingin hanya gara-gara salah membaca jadwal registrasi, maka peserta yang sudah dinyatakan lulus SBMPTN 2020 justru gagal menjadi mahasiswa di PTN yang dipilih.

"Dikiranya misal tanggal 30 Agustus, ternyata yang tertera di sana 15 Agustus. Ya sudah Anda kehilangan. Meskipun Anda lulus SBMPTN tapi Anda tidak bisa diterima di PTN itu karena salah jadwal pendaftaran ulang," ucapnya.

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

2 dari 3 halaman

Periksa Prosedur Masing-Masing PTN

Dia kembali mengingatkan bahwa peserta yang lulus SBMPTN 2020 diminta dengan saksama memeriksa prosedur registrasi di masing-masing PTN.

"Itu sangat menentukan diterima atau tidaknya, bisa kuliah atau tidak bisa kuliahnya," tandas Nasih.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: