Sukses

Mendagri Minta Kepala Daerah Terus Sosialisasi Bahaya Covid-19

Tito meminta agar Pemkot Depok terus melakukan sosialisasi bahaya Covid-19. Menurutnya virus asal Wuhan China ini menyerang siapa saja, tanpa memandang status sosialnya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyarankan kepada Pemerintah Kota Depok melibatkan tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. 

"Saya melihat di sini (Kota Depok) ketokohan agama sangat kuat sekali gunakan juga jalur ketokohan untuk sosialisasi," kata Tito, Kamis (13/8/2020).

karena itu, dia meminta agar Pemkot Depok terus melakukan sosialisasi bahaya Covid-19. Menurutnya virus asal Wuhan China ini menyerang siapa saja, tanpa memandang status sosialnya. 

"Diberikan pengenalan mengenai masalah ini, diberikan juga penjelasan tentang korban-korban yang ada. Sekarang sudah banyak ulama menjadi korban. Tampilkan di mereka ulama ini, kepala daerah ini yang meninggal sehingga mereka oh iya bener apalagi kalau ada video pernyataan orang-orang yang tertular Covid-19," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Masker

Menurut Tito, kearifan lokal masyarakat di sejumlah daerah efektif mencegah penyebaran Covid-19. Tito mencontohkan seperti di Bali dan Yogyakarta.

"Kasus Covid-19 di Bali terkendali karena menerapkan local wisdom. Demikian juga Yogyakarta. Di sana menggunakan jalur trardisional wayang dalam pengendalian sosial," ujar dia.

Tito menuturkan, memproteksi diri dari Covid-19 ada empat cara yakni pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan menghindari kerumunan. Tito menjelaskan salah salah satunya yakni penggunaan masker.

"Bisa menekan 50 sampai 60 persen penyebaran Covid-19,” ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.