Sukses

Cegah Penularan Covid-19, Pemkot Bekasi Sosialisasikan RW Siaga

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Bekasi bersama Polres Metro Bekasi Kota dan Kodim 0507 Bekasi, melombakan konsep RW Siaga tingkat Kota Bekasi. Lomba ini sebagai bentuk apresiasi tiga pilar kepada masyarakat atas keikutsertaan dalam upaya penanganan Covid-19.

Pemkot sadar dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 memerlukan kerjasama, tak terkecuali masyarakat. Karenanya Pemkot Bekasi merasa perlu memotivasi demi meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk penanggulangan virus berbahaya ini.

"Penanganan Covid-19 ini harus dilakukan secara berjenjang dari tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen, Selasa (11/8/2020).

Lomba konsep RW Siaga sedianya akan diikuti oleh berbagai RW di Kota Bekasi yang terbagi atas Kecamatan Jatiasih, Jatisampurna dan Pondokgede. Sebagian RW tersebut sebelumnya sudah menerapkan berbagai cara penanganan Covid-19.

"Pemkot sangat mengapresiasi upaya preventif yang dilakukan oleh warga atau masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19," ujar Pepen.

Menurutnya, konsep RW Siaga terbagi atas 3 kriteria. Pertama, RW Siaga Zero Covid-19 dengan leading sektor Pemkot Bekasi. Beberapa penilaian dalam kriteria ini, di antaranya penyebaran kasus, penerapan protokol kesehatan, inovasi pencegahan, partisipasi warga, dan kelengkapan sarana prasarana penanganan.

Kriteria kedua, RW Zero Criminal dengan leading sektor Polres Metro Bekasi Kota. Penilaian kriteria ini, di antaranya jumlah kasus kriminal, ketersediaan sarana prasarana penunjang keamanan, SOP keamanan, inovasi dalam penyelenggaraan keamanan, personil keamanan yang terlatih, inovasi dalam penyelenggaraan keamanan, serta partisipasi warga.

Dan kriteria ketiga, RW Siaga Ketahanan Pangan dan Ekonomi Kemasyarakatan dengan leading sektor Kodim 0507 Bekasi. Penilaiannya antara lain, aktivitas ketahanan pangan/ekonomi kerakyatan, ketersediaan pangan/produk ekonomi unggulan, produk pangan/usaha unggulan, inovasi ketahanan pangan/ekonomi kerakyatan, serta dukungan stakeholder dalam ketahanan pangan.

"Diharapkan seluruh RW Siaga di Kota Bekasi dapat menjalankan seluruhnya dengan baik dan maksimal," ucap Pepen.

2 dari 3 halaman

Menekan Penyebaran Covid-19

Bagi RW yang terpilih sebagai kriteria terbaik, akan diganjar penghargaan berupa insentif pembangunan sarpras wilayah senilai Rp 1 miliar, serta mendapat pembinaan dari Pemkot Bekasi. Selain itu panitia juga memberikan kriteria penilaian untuk pembina terbaik yang bisa direbutkan oleh para peserta dari RW Siaga.

"Giat ini guna memutus rantai penyebaran dan menekan angka penularan virus Covid-19 di Kota Bekasi, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan khususnya di ruang publik," pungkas Pepen.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: