Sukses

Disebut Intoleran dan Diskriminatif, Anies: Tolong Tunjukkan Buktinya

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku sebelumnya tidak ingin menjawab anggapan sejumlah pihak terkait kebijakannya yang sudah kuat di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta sejumlah pihak untuk membuktikan  jika kebijakannya sebagai gubernur dianggap intoleran dan diskriminatif.

Dia menyebut isu terkait kebijakan intoleran dan diskriminatif sudah mulai digulirkan sejak masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat ini Anies sudah menjabat sebagai gubernur DKI hampir tiga tahun.

"Tolong ditunjukkan, kebijakan mana yang diskriminatif. Tolong ditunjukkan fakta mana yang bisa membenarkan imajinasi bahwa gubernur dan pemerintahan adalah gubernur pemerintahan intoleran," kata Anies dalam video YouTube Mardani Ali Sera, Selasa (11/8/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku sebelumnya tidak ingin menjawab anggapan sejumlah pihak terkait kebijakannya yang sudah kuat di masyarakat.

Dia menyebut, seharusnya saat ini masyarakat dapat menilai sendiri terkait kebijakannya memimpin Jakarta.

"Kalau sudah gitu tetap pertahankan imajinasinya berarti ada problem dengan cara berpikir. Apalagi sekarang sudah 2,5 tahun perjalanan menjelang tiga tahun, framing-framing itu makin temukan fakta betapa enggak relevan di sini," ucap Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Keadilan Sosial

Anies menyebut sampai saat ini keadilan sosial masih menjadi prioritas dalam pembentukan kebijakan. Yakni agar semua pihak memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

Hal itu kata dia, melalui 23 janji kampanye dan diterjemahkan melalui kegiatan strategis daerah yang disusun sebagai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama lima tahun kepemimpinan.

"Alhamdulillah sekarang ini kita itu punya daftarnya mana yang sudah tersampaikan berapa persen. Karana kita tahu tugasnya lima tahun, lalu selama lima tahun itu ada yang bisa tuntas tahun pertama,tahun keempat, tahun ke lima," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.